Pengaruh Perubahan Nilai Tukar, Interest, Earning Per Share (EPS) dan Volume Perdagangan SahamTerhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan. :Studi Kasus Pada Bursa Efek Jakarta Tahun 2001-2005.

ArihWiharto (2008) Pengaruh Perubahan Nilai Tukar, Interest, Earning Per Share (EPS) dan Volume Perdagangan SahamTerhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan. :Studi Kasus Pada Bursa Efek Jakarta Tahun 2001-2005. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yang terdiri dari Nilai Tukar, Interest, Earning Per Share (EPS) dan Volume perdagangan saham terhadap harga saham sebagai variabel dependen baik secara simultan maupun parsial dan mengetahui variabel independen mana yang berpengaruh dominan terhadap harga saham pada tiap-tiap perusahaan. Obyek penelitian ini adalah perusahaan Pertambangan yang go public di BEJ, dengan periode penelitian tahun 2001-2005. Jenis penelitian explanatory research, yaitu menjelaskan ada tidaknya hubungan antara variabel -variabel yang diteliti melalui suatu pegujian hipotesis yang dilakukan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan. Teknik pengambilan sampel dengan sensus. Populasi adalah perusahaan Pertambangan dengan sampel yang diambil sebanyak 5 perusahaan dan di teliti semua. Alat analisis data yang digunakan regresi linier berganda yang sudah bebas dari gejala asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel-variabel independen yang diteliti yaitu Nilai Tukar, Interest, Earning Per Share (EPS) dan Volume perdagangan saham memiliki mempengaruhi harga saham harga saham PT. Aneka Tambang Tbk, PT. Bumi Resources Tbk, PT. Medco Energi Internasional. Tbk, Internasional Nickel Indonesia Tbk, dan PT. Timah Tbk. Secara parsial variabel Nilai Tukar, Interest, EPS dan Volume perdagangan berpengaruh pada harga saham PT. Antam, variabel EPS dan Volume perdagangan berpengaruh pada harga saham PT. Bumi, variabel Nilai Tukar dan Interest berpengaruh pada harga saham PT. Medco, variabel Nilai Tukar, Interest, EPS dan Volume perdagangan tidak berpengaruh pada harga saham PT. Inco, dan variabel Nilai Tukar, EPS dan Volume perdagangan berpengaruh pada harga saham PT Timah. Variabel Nilai Tukar merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap harga saham PT. Antam, PT. Medco dan PT. Inco. Sedangkan Earning Per Share (EPS) merupakan variabel yang berpengaruh domina pada harga saham PT Bumi dan PT. Timah Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien beta yang terbesar dibandingkan variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/113/050800922
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Mar 2008 16:34
Last Modified: 20 Oct 2021 11:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103392
[thumbnail of 050800922.pdf]
Preview
Text
050800922.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item