Pengaruh identitas fisik merek terhadap citra merek Indosat : studi pada pelanggan PT. Indosat Tbk. Malang

RennyAnnisa (2008) Pengaruh identitas fisik merek terhadap citra merek Indosat : studi pada pelanggan PT. Indosat Tbk. Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya operator seluler di Indonesia mengangkat fenomena pentingnya kinerja merek sebagai pendukung kuat keberhasilan berbagai korporasi yang bergerak dalam bidang tersebut . Persaingan yang begitu ketat untuk penetrasi pasar, mendapatkan hingga mempertahankan pelanggan menuntut berbagai inovasi perusahaan-perusahaan penyelenggara jasa tersebut untuk terus berusaha unggul. Strategi merek adalah hal yang sangat penting dan sangat terlihat dalam strategi perusahaan perusahaan untuk memenangkan persaingan. Penciptaan dan penyebaran identitas merek saat ini sangat diperhatikan demi menanamkan dan meningkatkan citra merek yang diinginkan perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh identitas fisik merek terhadap citra merek PT. Indosat Tbk. Malang di mata konsumen dengan menggunakan sampel populasi kepada 40 responden. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Explanatory Reserach dengan metode survey dan teknik pengambilan data menggunkan kuesioner. Identitas fisik merek diukur dari nama merek, penyajian grafis dan tag line, sedangkan citra merek diukur dari persepsi nilai (perceived value), kepribadian mere (brand personality), asosiasi organisasi (organizational association). Untuk mengetahui besarnya pengaruh nama merek, tag line dan penyajian grafis (variabel independen) terhadap citra merek serta untuk mengetahui variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap variabel independen maka dilakukan teknik analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis berganda ini dapat diketahui bahwa variabel nama merk, penyajian grafis dan tag line berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap citra merek. Selain itu dapat diketahui pula bahwa variabel nama merek secara signifikan berpengaruh dominan terhadap citra merekdi benak konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/106/050800792
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2008 14:09
Last Modified: 20 Oct 2021 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103384
[thumbnail of 050800792.pdf]
Preview
Text
050800792.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item