Pengaruh Pesan Iklan Produk Mie Sedaap Pada Media Televisi Terhadap Ekuitas Merek Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

DhewiMarlia (2008) Pengaruh Pesan Iklan Produk Mie Sedaap Pada Media Televisi Terhadap Ekuitas Merek Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh pesan iklan produk Mie Sedaap pada media televisi bertujuan untuk mengetahui pengaruh isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan iklan tersebut terhadap ekuitas merek serta untuk mengetahui variabel pesan iklan yang berpengaruh paling dominan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan survai dan skala Likert sebagai skala pengukuran. Dalam penelitian ini Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dipilih sebagai populasi, dimana jumlah sampel ditetapkan sebanyak 97 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria pernah mengkonsumsi dan melihat atau menonton iklan televisi produk Mie Sedaap. Data diambil selama bulan Desember tahun 2007 dengan menggunakan kuesioner. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Variabel pesan iklan pada media televisi yaitu isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh secara simultan terhadap ekuitas merek produk Mie Sedaap. 2) Variabel pesan iklan pada media televisi berpengaruh secara parsial terhadap ekuitas merek produk Mie Sedaap yaitu isi pesan sebesar 0,176, struktur pesan sebesar 0,182, format pesan sebesar 0,300, dan sumber pesan sebesar 0,415. 3) Variabel sumber pesan dalam pesan iklan Mie Sedaap pada media televisi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap ekuitas merek. Hal ini menunjukkan bahwa pesan iklan produk Mie Sedaap pada media televisi didukung oleh rangkaian informasi, susunan pesan, dan penyampaian pesan secara simbolik, serta adanya model yang digunakan merupakan satu kesatuan dalam menyampaikan informasi produk Mie Sedaap kepada konsumen. Sehingga pesan iklan pada media televisi tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk menciptakan ekuitas merek pada produk Mie Sedaap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/10/050800189
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Feb 2008 15:39
Last Modified: 20 Oct 2021 11:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103377
[thumbnail of 050800189.pdf]
Preview
Text
050800189.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item