Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Jatim Cabang Malang.

IndaAdeLisdasari (2007) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Jatim Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Relationship Marketing , yang terdiri atas variabel: keuntungan bersama ( mutual benefit ), komitmen, komunikasi dan kebenaran ( authencity ) terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Jatim Cabang Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan. Jenis penelitiannya adalah eksplanatoris dan penelitian ini mengambil sampel sebanyak 140 orang nasabah PT. Bank Jatim Malang melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Variabel dependen (terikat) yaitu loyalitas nasabah dan variabel bebas yaitu relationship marketing yang terdiri atas variabel: keuntungan bersama/ mutual benefit (X 1), komitmen (X2), komunikasi (X3) dan kebenaran/ authencity (X4). Hasil analisis yang diperoleh adalah bahwa dari ke-empat variabel bebas tersebut di atas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat, keuntungan bersama/ mutual benefit dengan β1 = 0.432, komitmen dengan β2 = 0.213, komunikasi dengan β3 = 0.265, dan kebenaran/authencity dengan β4 = 0.271. Secara simultan semua variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur keuangan dengan signifikasi sebesar 0.000 (0.000<0.05), dengan koefisien determinasi ( adjusted R 2) 0.551 atau 55.1%. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah adalah komitmen dengan koefisien beta terstandarisasi sebesar 0.305. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah keempat variabel independen ( Relationship Marketing ), yaitu: Keuntungan Bersama/ Mutual benefit (X1), Komitmen (X2), Komunikasi (X3), dan variabel Kebenaran/ Autencity (X4), semuanya berpengaruh baik secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah (Y), secara positif dan signifikan. Variabel komitmen (X2) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap loyalitas nasabah. Dengan diketahui bahwa keempat variabel bebas ( Relationship Marketing ): Keuntungan Bersama/ Mutual Benefit (X1), Komitmen (X2), Komunikasi (X3), dan variabel Kebenaran/ Autencity (X4) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y), diharapkan Bank Jatim dapat terus meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan dalam jangka panjang dengan nasabah, terus meningkatkan kualitas pelayanan, dan meningkatkan penciptaan komunikasi dua arah dengan nasabah. ), komitmen (X2), komunikasi (X3) dan kebenaran/(X4). Hasil analisis yang diperoleh adalah bahwa dari ke-empat variabel bebas tersebut di atas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat, keuntungan bersama/dengan β1 = 0.432, komitmen dengan β2 = 0.213, komunikasi dengan β3 = 0.265, dan kebenaran/authencity dengan β4 = 0.271. Secara simultan semua variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur keuangan dengan signifikasi sebesar 0.000 (0.000<0.05), dengan koefisien determinasi (R

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/97/050700620
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 May 2009 11:55
Last Modified: 20 Oct 2021 10:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103373
[thumbnail of 1._SAMPUL.pdf]
Preview
Text
1._SAMPUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
2._RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_II-skripsi.pdf]
Preview
Text
5._BAB_II-skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_III-skripsi.pdf]
Preview
Text
6._BAB_III-skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_I-skripsi.pdf]
Preview
Text
4._BAB_I-skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_IV-skripsi.pdf]
Preview
Text
6._BAB_IV-skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._sar-lamp1.pdf]
Preview
Text
8._sar-lamp1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9._sar-lamp3-6.pdf]
Preview
Text
9._sar-lamp3-6.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_V,daftarpustaka-skripsi.pdf]
Preview
Text
7._BAB_V,daftarpustaka-skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
10._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item