Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return On Investment (ROI) Terhadap Harga Saham: Studi Pada Perusahaan Food and Beverages Yang Terdaftar di BEJ Periode 2002

PradanaYudhaKristiawan (2007) Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return On Investment (ROI) Terhadap Harga Saham: Studi Pada Perusahaan Food and Beverages Yang Terdaftar di BEJ Periode 2002. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sudah sekian lama para ahli dan eksekutif yang berkecimpung dalam manajemen keuangan mencoba untuk memikirkan suatu cara untuk mengukur kinerja operasional suatu perusahaan secara tepat dengan memperhatikan sepenuhnya kepentingan dan harapan para penyedia dana terutama pemegang saham. Tahun 1980 muncul sebuah pendekatan untuk menilai perusahaan, pendekatan ini memberikan argumentasi bahwa semua pihak ingin mengetahui bahwa investasi yang dilakukan menambah nilai terhadap perusahaan atau tidak dan nilai pasarnya bertambah atau tidak. Pendekatan ini dikenal dengan Economic value added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris adanya pengaruh baik secara simultan atau secara parsial antara EVA, MVA, dan ROI terhadap harga saham. Pemilihan populasi ditentukan dengan menggunakan metode sensus pada 20 perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) selama periode 2002-2004 dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan EVA, MVA, dan ROI memiliki pengaruh terhadap harga saham dengan F-hitung sebesar 12,554. Hasil penelitian secara parsial menghasilkan adanya pengaruh positif MVA terhadap harga saham dengan t-hitung sebesar 2,333. Hasil penelitian secara parsial juga menghasilkan adanya pengaruh ROI terhadap harga saham, yang ditunjukkan dengan t-hitung sebesar 2,849. Hal ini juga menyebabkan besarnya ROI dijadikan indikator utama oleh investor untuk mengukur perusahaan mana yang lebih profitable dari sejumlah modal yang digunakan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa secara Secara simultan, penelitian ini mampu membuktikan adanya pengaruh antara EVA, MVA, dan ROI terhadap harga saham. Secara parsial menunjukkan adanya pengaruh positif antara MVA dan ROI terhadap harga saham. Hasil yang sebaliknya ditunjukkan pada pengujian terhadap EVA dimana tidak ditemukan adanya pengaruh terhadap harga saham. Terhadap ketiga variabel independen yaitu EVA, MVA, dan ROI, penelitian ini menemukan bahwa ROI merupakan variabel dominan dalam mempengaruhi besarnya harga saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/71/050700444
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 May 2009 10:32
Last Modified: 20 Oct 2021 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103354
[thumbnail of 050700444.pdf]
Preview
Text
050700444.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item