Hubungan Remittence Tenaga Kerja Indonesia Di Luar Negeri Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Keluarga ( Studi Kasus Di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar )

MohamadAliMasduki (2007) Hubungan Remittence Tenaga Kerja Indonesia Di Luar Negeri Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Keluarga ( Studi Kasus Di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan pembangunan mempunyai tujuan inti untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satu aspek yang menjadi perhatian pemerintah adalah aspek ketenaga kerjaan. Khusus pada bidang ketenaga kerjaan pemerintah Indonesia juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bekerja di luar negeri menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri pada berbagai sektor. Pengiriman tenaga kerja keluar negeri pada intinya adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan aturan tentang pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri. Oleh karena itu untuk mengetahui dapak peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dari pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri yang bersalah dari Kecamatan Binangun maka peneliti tertarik untuk mengangkat judul : “ Hubungan Remittance Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kecematan Binangun Kabupaten Blitar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah hubungan Remittance Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan tujuan yang akan dicapai adalah sebagai berikut Untuk mengetahui hubungan Remittance Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jenis penelitian ini adalah eksplanatory reseach (penelitian penjelasan), dengan variabel Remittance dan Pertumbuhan Ekonomi/kesejahteraan masyarakat, dengan jumlah populasi 47 orang, data dikumpulkan dengan wawancara, kuesioner, observasi, dan data dianalisis dengan korelasi product-moment Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Sebelum Menjadi TKI secara umum responden menyatakan tingkat penghasilan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan setelah Menjadi TKI tingkat penghasilan mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Tingkat Penghasilan sebelum Menjadi TKI masih sangat rendah dan setelah Menjadi TKI tingkat penghasilan mampu mengalami kenaikan. 2). Remittance yang didapatkan memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan pendapatan, remittance yang diperoleh bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan, muncul perasaan senang terhadap remittance yang didapatkan, remittance yang diperoleh telah memadai, perlu adanya pengaturan remittance yang didapatkan, remittance perlu dimanfaatan untuk kegiatan usaha yang produktif dan remittance dapat meningkatkan kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/567/050902813
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Oct 2009 15:21
Last Modified: 20 Oct 2021 10:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103342
[thumbnail of 050902813.pdf]
Preview
Text
050902813.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item