AuliaKurniadewi (2007) “Analisis Lingkungan sebagai Dasar Pemilihan Strategi pada PT. Radio Kalimaya Bhaskara Malang.”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Radio Kalimaya Bhaskara Malang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyiaran radio. Radio Kalimaya Bhaskara Fm merupakan radio swasta pertama yang mengudara pada jalur FM di Kota Malang yang didirikan oleh Bapak Jo Lumaksana bersama rekan-rekan mahasiswa, pada tanggal 21 Mei 1968, dengan nama Radio B45. Namun Pada tahun 1976, Radio B45 pindah ke Jalan Banten no. 1 dan pada tanggal 26 Agustus 1988, mengubah jalur frekuensi ke FM dengan menggunakan frekuensi 100.2 MHz dan mulai pada saat itu berganti nama menjadi Radio Kalimaya Bhaskara. Perubahan yang selalu terjadi pada lingkungan bisnis menuntut perusahaan untuk selalu memberikan perhatian dan respon yang baik terhadap lingkungannya, dan kemudian merumuskan strategi yang mampu mengantisipasi perubahan tersebut. Begitu halnya dengan PT. Radio Kalimaya Bhaskara Malang yang bersaing dalam industri jasa siaran radio. Perusahaan dituntut mampu menyiasati kondisi lingkungan yang terjadi agar dapat mencapai tujuan yang hendak dicapai. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang strategi apakah yang tepat bagi PT. Radio Kalimaya Bhaskara Malang. Berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan tersebut, penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki perusahaan berdasarkan analisis lingkungan, (2) mengetahui posisi perusahaan dalam industri untuk menentukan alternatif strategi perusahaan, (3) menentukan strategi yang efektif guna mencapai sasaran jangka panjang dan jangka pendek serta pelembagaannya di dalam organisasi PT. Radio Kalimaya Bhaskara Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian wawancara. Kerangka kerja pemikiran yang digunakan dalam merumuskan strategi perusahaan mengacu pada kerangka kerja analitis Pearce dan Robinson. Alat analisis yang digunakan meliputi analisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, matriks grand strategy , dan analisis QSPM. Alat analisis tersebut dipilih berdasar kebutuhan dan ketersediaan data.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/563/050901617 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 05 Jun 2009 10:31 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 10:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103339 |
Preview |
Text
ANALISIS_LINGKUNGAN_SEBAGAI_DASAR_PERUMUSAN_STRATEGI_PADA_PT.RADIO_KALIMAYA_BHASKARA_MALANG.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Kata_pengantar_daftar_isi_daftar_gambar_daftar_tabel_ringkasan.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |