Hendrafirmansyah (2007) Peran Pendidikan Etika Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Pemahaman Etika Profesi Akuntansi : Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penyimpangan-penyimpangan dalam pembuatan laporan keuangan sebagian besar bukan dikarenakan adanya kelalaian atau adanya ketidakpahaman dari penyusun laporan keuangan oleh pembuat laporan keuangan (auditor), tetapi karena adanya unsur kesengajaan untuk tujuan-tujuan tertentu. Jelas terlihat disini bahwa ada sebuah permasalahan dari individu akuntan yaitu pemaknaan etika. Pada dasarnya pendidikan tinggi yang menghasilkan beberapa profesi, termasuk profesi akuntansi, telah memiliki perhatian terhadap masalah ini yang dituangkan dalam salah satu tujuan pendidikan tinggi yaitu adanya keseimbangan ganda, peningkatan intelektual dan kedewasaan moral. Tujuan tersebut jelas menekankan bahwa kedewasaan moral yang dapat diartikan sebagai etika tidak boleh dipandang sebelah mata pada setiap institusi pendidikan tinggi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya dalam memberikan pemahaman etika kepada mahasiswanya mengaplikasikannya dalam beberapa matakuliah. Permasalahannya apakah pendidikan etika tersebut telah dapat memberikan pemahaman yang baik, dalam artian mahasiswa dapat memaknai etika profesi akuntansi secara baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari mahasiswa, sebagian besar merasa perlu adanya pembenahan dalam berbagai aspek. Usulan-usulan pembenahan juga diungkapkan oleh mahasiswa agar pemahaman terhadap etika profesi akuntansi dapat diterima dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/555/050801294 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 05 May 2008 16:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 10:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103333 |
Preview |
Text
050801294.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |