Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone Sony Ericsson : studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

MBadrusSamsi (2007) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone Sony Ericsson : studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh variabel atribut produk yang terdiri dari: harga, mutu, merek, kemasan, pelayanan dan garansi terhadap keputusan pembelian Handphone Sony Ericsson pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang baik secara simultan maupun parsial, (2) untuk mengetahui variabel atribut produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis variabel yaitu variabel Independent (bebas), yaitu atribut produk atau X, yang terdiri dari variabel harga (X1), mutu (X2), merek (X3), kemasan(X4), pelayanan (X5) dan garansi (X6). variabel Dependent (terikat), yaitu keputusan pembelian atau Y. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling sedangkan penentuan banyaknya sampel dalam populasi ditentukan dengan mengikuti pendapatnya Slovin. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisa regresi linier berganda, dan.uji F, serta uji t. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel (33,215>3,159), artinya bahwa secara simultan, harga (X1), mutu (X2), merek (X3), kemasan (X4), pelayanan (X5) dan garansi (X6) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan uji t, Secara berurutan nilai t hitung untuk variabel harga sebesar 4,671>ttabel (4,671>1,614),Mutu sebesar 3,526>ttabel(3,526>1,614), Merek sebesar 2,351>ttabel (2,351>1,614), Kemasan sebesar 3,412>ttabel (3,412>1,614), Pelayanan sebesar 3,183>ttabel (3,183>1,614), Garansi sebesar 2,697>ttabel (2,697>1,614). Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial keenam variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah variabel harga dengan kontribusi sebesar 0,387. Dari nilai Adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 0,764 atau 76,4%. Artinya bahwa keputusan pembelian (Y) dipengaruhi sebesar 76,4%. oleh keenam variabel diatas sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar enam variabel bebas yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/542/050800259
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2008 10:26
Last Modified: 20 Oct 2021 10:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103321
[thumbnail of 050800259.pdf]
Preview
Text
050800259.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item