Pengaruh Kualitas Terhadap Keefektifan Sistem Informasi Berbasis Hotspot

BarunaEsaIndrawanPutra (2008) Pengaruh Kualitas Terhadap Keefektifan Sistem Informasi Berbasis Hotspot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas jasa terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi berbasis hotspot. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan ketidakkonsistenan hasil penelitian sehingga topik ini masih menjadi bahasan yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini berdasarkan hasil uji terhadap 143 responden pada mahasiswa, karyawan dan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya yang menggunakan sistem informasi hotspot. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas jasa berpengaruh positif pada keefektifan sistem informasi berbasis hotspot. Hal ini menunjukkan bahwa keefektifan sistem informasi berbasis hotspot membutuhkan ketiga dimensi kualitas seperti yang disebutkan di atas. Berdasarkan hasil analisis, kualitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efektifitas sistem. Hal ini berarti bahwa peningkatan kualitas informasi tidak menimbulkan peningkatan terhadap kepuasan pemakai, sehingga tidak berpengaruh terhadap efektifitas pemakai, sedangkan variabel kualitas sistem, dan kualitas jasa pada sistem informasi berbasis hotspot berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna hotspot, yang berarti kualitas sistem, dan kualitas jasa pada sistem informasi berbasis hotspot efektif. Hal ini memberikan penjelasan bahwa peningkatan kualitas sistem dan kualitas jasa menimbulkan peningkatan pada kepuasan pengguna hotspot, sehingga berpengaruh secara signifikan terhadap efektifitas pengguna sistem informasi berbasis hotspot. Implikasi dari penelitian ini relevan pada para pengembang sistem dan para akademisi untuk mencoba menjelaskan bagaimana, kapan, dimana, dan mengapa kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi diperlukan. Hasil penelitian ini membantu menjelaskan pengaruh kualitas terhadap kepuasan pemakai pada keadaan dan kondisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/534/050800092
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jan 2008 09:46
Last Modified: 20 Oct 2021 10:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103314
[thumbnail of 050800092.pdf]
Preview
Text
050800092.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item