Evaluasi penerapan akuntansi pertanggungjawaban [Responsibility Accounting] dalam upaya pengendalian biaya produksi pada PT. Industri Sandang Nusantara [Persero] Unit Patal Lawang

WidhiyantiSukmaPutri (2007) Evaluasi penerapan akuntansi pertanggungjawaban [Responsibility Accounting] dalam upaya pengendalian biaya produksi pada PT. Industri Sandang Nusantara [Persero] Unit Patal Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sistem akuntansi pertanggungjawaban pada PT Industri Sandang Nusantara (persero) Unit Patal Lawang dan apakah penerapan akuntansi pertanggungjawaban dapat dipakai sebagai alat pengendalian biaya produksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada PT Industri Sandang Nusantara ( Persero ) Unit Patal Lawang. Variabel yang digunakan dalam peneitian ini yaitu struktur organisasi, anggaran biaya, penggolongan biaya, sistem akuntansi biaya, dan sistem pelaporan biaya. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa struktur organisasi pada PT Industri Sandang Nusantara ( PERSERO ) Unit PATAL Lawang sudah baik, penyusunan anggaran belum efektif, perusahaan belum memisahkan antara biaya terkendali dan tidak terkendali. Sistem akuntansi biayanya belum memenuhi persyaratan untuk diterapkannya suatu pengendalian biaya produksi berdasarkan sistem akuntansi pertanggungjawaban. Laporan pertanggungjawaban yang dibuat tidak mengikutsertakan tingkatan manjemen di bawahnya. Selain itu belum adanya kode rekening berdasarkan pusat pertanggungjawaban biaya dan belum adanya pemisahan biaya terkendali dan tidaknya oleh pusat biaya yang bersangkutan mengakibatkan tujuan pengendalian biaya dengan sistem akuntansi pertanggungjawaban biaya belum dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/533/050800080
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2008 09:13
Last Modified: 20 Oct 2021 10:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103313
[thumbnail of 050800080.pdf]
Preview
Text
050800080.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item