Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Martadinata Peresero (Tbk).

IkaFitriLestyorini (2007) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Martadinata Peresero (Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia perbankan saat ini telah mengalami kemajuan yang luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari produk-produk yang ditawarkan saat ini serta pemakaian tekonologi terbaru yang semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat didalam menyelesaikan setiap transaksi keuangannya. Perkembangan ini memberikan dampak pada persaingan antara bank-bank didalam menarik minat nasabah untuk memakai jasa mereka. Persaingan yang terjadi diantara bank-bank tersebut yang paling utama adalah perang merek. Dimana merek adalah identitas penting dari bank tersebut yang dapat dengan mudah untuk dikenali oleh nasabah. Merek BRI memiliki ekuitas yang cukup tinggi dimana hal ini dapat memberikan kemudahan bagi BRI untuk memasarkan produk-produknya. Namun dengan semakin banyaknya bank-bank yang ikut bersaing didalam dunia perbankan maka perlu bagi BRI untuk meningkatkan ekuitas merek yang dimilikinya. Sehingga merek BRI dapat menjadi poin utama yang mendasari masyarakat dalam memilih BRI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel bebas yaitu ekuitas merek dapat berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pemilihan. Penelitian ini terdiri atas empat (4) variabel bebas (X), yaitu variabel kesadaran merek (X1), variabel loyalitas merek (X2), variabel persepsi kualitas (X3), variabel asosiasi merek (X4) dan satu (1) variabel terikat yaitu keputusan pemilihan (Y). Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS for Windows ver 13. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dari ke empat variabel bebas tersebut, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pemilihan (Y) adalah variabel persepsi kualitas (X3) dengan nilai t hitung 6,571.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/526/050800045
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2008 10:10
Last Modified: 20 Oct 2021 10:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103307
[thumbnail of 050800045.pdf]
Preview
Text
050800045.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item