Pengaruh bauran promosi terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian motor Yamaha Vega-R pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang

GedeGunawanArthaJaya (2007) Pengaruh bauran promosi terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian motor Yamaha Vega-R pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan mahasiswa dalam pembelian sepeda motor Yamaha Vega-R. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel bauran promosi yang paling dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam membeli sepeda motor Yamaha Vega-R. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Adapun jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu jenis penelitian untuk mengetahui pengaruh antar variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel-variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah periklanan (X1), penjualan pribadi (X2), promosi penjualan (X3) dan pemasaran langsung (X4). Sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda, uji t dan uji F. Pengujian secara serentak variabel-variabel bauran promosi terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan besarnya nilai F statistik = 76,069 dengan tingkat signifikansi 0,000 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel bauran promosi secara serentak terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah Periklanan (X1) dengan nilai koefisien 0,328. Nilai R² atau koefisien determinasi dari output regresi adalah sebesar 0,781. Angka ini menunjukkan sekitar 78,1% keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bauran promosi, sedangkan sisanya sebesar 27,9% dijelaskan diluar variabel-variabel bauran promosi yang diteliti. Disamping itu juga diperoleh nilai R atau nilai korelasi sebesar 0,890 yang berarti menunjukkan tingkat hubungan antara bauran promosi dan keputusan pembelian adalah sangat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/524/050800035
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2008 10:04
Last Modified: 20 Oct 2021 10:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103305
[thumbnail of 050800035.pdf]
Preview
Text
050800035.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item