Pengaruh kebijakan pendanaan, kebijakan deviden, resiko, dan profitabilitas perusahaan terhadap Investment Opportunity Set [IOS] : studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di BEJ

SwastriKartikasari (2007) Pengaruh kebijakan pendanaan, kebijakan deviden, resiko, dan profitabilitas perusahaan terhadap Investment Opportunity Set [IOS] : studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di BEJ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan tambahan bukti empiris mengenai pengaruh kebijakan pendanaan, kebijakan deviden, resiko, dan profitabilitas perusahaan terhadap investment opportunity set (IOS). Proksi yang digunakan sebagai indikator pertumbuhan perusahaan antara lain: (1) proksi berdasarkan harga, yang terdiri atas rasio: market to book value of equity (MVE/BVE), market to book value of assets (MVA/BVA), Tobin’s Q, ratio of property, plant, and equipment to firm value (PPE/BVA), price to earning ratio (PER); dan (2) proksi berdasarkan investasi, yang terdiri dari rasio: capital expenditure to firm value assets (CAPMVA) dan capital expenditure to book value of assets (CAPBVA). Sampel pada penelitian ini terdiri dari 56 perusahaan yang terdaftar di BEJ selama tahun 2003-2005. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Common factor analysis digunakan untuk membentuk proksi gabungan dari tujuh proksi tunggal IOS untuk mengklasifikasikan pertumbuhan perusahaan. Sebanyak 56 perusahaan yang diklasifikasikan, diperingkat menjadi 35% perusahaan dengan pertumbuhan rendah dan tinggi, sedangkan 30% diantaranya dikeluarkan dari analisis. Berdasarkan hasil pemeringkatan, sampel akhir yang di dapat sebanyak 40 perusahaan. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh kebijakan pendanaan, kebijakan deviden, resiko, dan profitabilitas terhadap set kesempatan investasi (IOS). Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan kebijakan pendanaan dengan IOS yang diproksikan dengan rasio book debt to equity (BD/E) berkorelasi negatif tetapi tidak signifikan, sedangkan hasil pengujian dengan menggunakan rasio market debt to equity (MD/E) menunjukkan korelasi negatif dan signifikan. Hubungan antara kebijakan deviden dengan IOS yang diproksikan dengan devidend yield dan devidend payout ratio, berkorelasi negatif dan signifikan. Hubungan antara resiko perusahaan dengan IOS yang diproksikan dengan beta koreksi berkorelasi negatif dan signifikan. Hubungan antara profitabilitas perusahaan dengan IOS yang diproksikan dengan retun on assets (ROA) berkorelasi positif dan signifikan. Berdasarkan hasil pengujian, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa kebijakan pendanaan, kebijakan deviden, resiko, dan profitabilitas perusahaan berpengaruh terhadap set kesempatan investasi/investment opportunity set (IOS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/518/050800020
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2008 10:18
Last Modified: 20 Oct 2021 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103299
[thumbnail of 050800020.pdf]
Preview
Text
050800020.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item