Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Produk Tabungan BritAma Versi “Untung Beliung BritAma” Dengan Menggunakan EPIC Model : Studi pada .asabah PT. BRI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Malang Martadinata.

RosalinaDinaSatyanova (2007) Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Produk Tabungan BritAma Versi “Untung Beliung BritAma” Dengan Menggunakan EPIC Model : Studi pada .asabah PT. BRI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Malang Martadinata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai efektivitas iklan televisi produk tabungan BritAma versi ”Untung Beliung BritAma” dengan EPIC Model dilakukan untuk mengukur efektivitas iklan tersebut terhadap dampak komunikasi. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui tingkat Emphaty, tingkat Persuassion, tingkat Impact, dan tingkat Communication yang terkandung dalam iklan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survai. Dalam penelitian ini digunakan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. BRI (Persero), Tbk. Kantor Cabang Malang Martadinata, dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden yang pernah melihat atau menonton iklan televisi produk tabungan BritAma versi ”Untung Beliung BritAma”. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diambil selama bulan September tahun 2007 dengan menggunakan kuesioner. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Tabungan BritAma berada dalam posisi Top of Mind untuk kategori produk tabungan, dan 95% responden telah mengenal produk tabungan BritAma. 2) Dimensi Emphaty masuk dalam rentang skala efektif yaitu dengan skor sebesar 3,990. Hal ini berarti iklan produk tabungan BritAma versi “Untung Beliung BritAma” dinilai bagus, menarik, dan disukai oleh responden. 3) Dimensi Persuassion masuk dalam rentang skala cukup efektif yaitu dengan skor sebesar 3,250. Hal ini berarti iklan produk tabungan BritAma dinilai cukup mempengaruhi responden dalam menentukan pilihan penggunaan produk tabungan BritAma. 4) Dimensi Impact masuk dalam rentang skala cukup efektif yaitu dengan skor sebesar 3,370. Hal ini berarti iklan produk tabungan BritAma cukup kreatif dan cukup membuat pemirsa tertarik untuk mencari informasi lebih lengkap mengenai tabungan BritAma 5) Dimensi Communication masuk dalam rentang skala efektif yaitu dengan skor sebesar 3,783. Hal ini menunjukkan bahwa iklan produk tabungan BritAma efektif dalam mengkomunikasikan pesan yang disampaikan kepada nasabahnya, baik nasabah lamanya maupun nasabah baru dan dalam hal ini diwakili oleh responden. Sehingga dengan iklan tersebut, responden dapat mengingat pesan dan sekaligus mengerti tentang pesan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/517/050703378
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2008 10:36
Last Modified: 20 Oct 2021 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103298
[thumbnail of 050703378.pdf]
Preview
Text
050703378.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item