Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi pada Toko Emas dan Perhiasan Lancar Jaya di Kota Malang.

IkaNurulFridia (2007) Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi pada Toko Emas dan Perhiasan Lancar Jaya di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha toko perhiasan merupakan usaha yang cukup potensial dalam jangka panjang. Karena hampir setiap orang membeli perhiasan, bukan hanya cantik untuk berhias, namun perhiasan juga gemar dibeli orang untuk berivestasi karena nilai tukarnya cenderung mengalami peningkatan. Selain itu, keanekaragaman bentuk dan model perhiasan memberikan nilai tersendiri bagi pemakainya. Berbagai variasi model perhiasan juga dapat memberikan gengsi tersendiri bagi pemakainya. Namun demikian masih terdapat beberapa kekurangan yang berkaitan dengan kualitas jasa yang menyebabkan Toko Emas dan Perhiasan Lancar Jaya kurang optimal dalam menarik jumlah pelanggan. Jika kekurangan tersebut tidak diamati dan dicari jalan penyelesaiannya, pada nantinya berdampak pada loyalitas pelanggannya. Untuk itu perlunya bagi pihak Toko Emas dan Perhiasan Lancar Jaya untuk meningkatkan kualitas jasanya, agar tercipta hubungan yang baik sebagai usaha untuk menciptakan nilai dan kepuasan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel bebas yaitu dimensi kualitas jasa dapat berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Konsumen. Penelitian ini terdiri atas lima (5) variabel bebas (X), yaitu variabel bukti langsung (X1), variabel keandalan (X2), variabel daya tanggap (X3), variabel jaminan (X4), variabel empati (X5) dan satu (1) variabel terikat yaitu kepuasan konsumen (Y). Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 13.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dari ke lima variabel bebas tersebut, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah variabel jaminan (X4) dengan nilai t hitung tertinggi sebesar 6.123.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/515/050703376
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2008 10:03
Last Modified: 20 Oct 2021 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103296
[thumbnail of 050703376.pdf]
Preview
Text
050703376.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item