Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba Operasi, Fleksibilitas Struktur Modal, Fluktuasi Arus Kas, dan Stabilitas Dividen terhadap Dividend Payout Ratio Perusahaan Go Public di BEJ.

TribuanaMaharani (2008) Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba Operasi, Fleksibilitas Struktur Modal, Fluktuasi Arus Kas, dan Stabilitas Dividen terhadap Dividend Payout Ratio Perusahaan Go Public di BEJ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan laba operasi, fleksibilitas struktur modal, fluktuasi arus kas, dan stabilitas dividen terhadap Dividend Payout Ratio perusahaan go public yang terdaftar di BEJ. Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan Log Natural Total Asset (LNTA), pertumbuhan laba operasi diukur dengan dengan selisih laba operasi perusahaan selama tahun t dengan tahun t-1 dibandingkan dengan laba operasi tahun t-1, fleksibilitas struktur modal perusahaan diukur dengan Standar Deviasi Perubahan Struktur Modal (SDCS), fluktuasi arus kas perusahaan diukur dengan Standar deviasi perubahan Arus Kas dibandingkan dengan total aset (SDCF), dan stabilitas dividen yang merupakan variabel dummy d iukur dengan membandingkan dividen tunai periode t dengan dividen tunai periode t-1. Dividend Payout Ratio diukur dengan membandingkan dividen yang dibayarkan dengan laba bersih perusahaan. Sampel terdiri dari 121 perusahaan yang telah go public . Periode penelitian 4 tahun mulai 2003 sampai dengan 2006. Data penelitian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil Uji t dalam penelitian ini menunjukan bahwa Dividend Payout Ratio perusahaan go public yang terdaftar di BEJ dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, fleksibilitas struktur modal, dan fluktuasi arus kas, sedangkan pertumbuhan laba operasi dan stabilitas dividen tidak mempunyai pengaruh. Fluktuasi arus kas mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap Dividend Payout Ratio perusahaan go public yang terdaftar di BEJ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/514/050803522
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2008 08:36
Last Modified: 20 Oct 2021 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103295
[thumbnail of 050803522.pdf]
Preview
Text
050803522.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item