Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Posisi Bersaing Pada Industri Kecil : Studi Kasus Pada Industri Kecil Sepatu di Dusun Daleman, Kabupaten Mojokerto.

Triwulandari, Ayu and Bahtiar Fitanto,, SE. MT (2007) Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Posisi Bersaing Pada Industri Kecil : Studi Kasus Pada Industri Kecil Sepatu di Dusun Daleman, Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya pengembangan IK dan IKR telah menjadi salah satu prioritas bagi pemerintah, mengingat jangkauan dari industri kecil sangatlah luas dan mampu mencapai daerah-daerah terpencil dan merupakan unsur pokok dari seluruh struktur industri Indonesia yang dengan investasi kecil dapat berproduksi secara efektif serta dapat pula menyerap banyak tenaga kerja. Daya saing industri kecil seyogyanya menjadi salah satu titik sentral yang menjadi prioritas pembangunan daerah karena melalui industri kecillah dapat diwujudkan pemerataan pembangunan yang lebih adil sekaligus sebagai mesin pertumbuhan ekonomi (economic growth engine). Peningkatan daya saing industri kecil juga berimplikasi dalam mengurangi kesenjangan sosial. Akan tetapi ada banyak faktor yang mempengaruhi posisi bersaing industri kecil di Indonesia, baik faktor-faktor yang sifatnya internal maupun eksternal. Demikian pula yang terjadi pada industri kecil sepatu di dusun Daleman, Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan kenyataan-kenyataan diatas maka penulis tertarik untuk mengamati masalah posisi bersaing industri kecil sepatu dan mengkaji lebih dalam lagi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi posisi bersaing industri kecil sepatu, diharapkan dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi posisi bersaing maka kita dapat menentukan solusi-solusi serta implikasi kebijakan seperti apa yang diperlukan untuk mendorong perkembangan daya saing dan mencermati peluang pasar bebas. Dengan menggunakan metode penelitian yang bersifat analitik dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penulis mengetahui bagaimana pengaruh tingkat pendidikan formal pengusaha, harga, inovasi, dan status badan hukum terhadap posisi bersaing industri kecil sepatu. Selanjutnya didapatkan hasil bahwa tingkat pendidikan formal pengusaha, harga, inovasi dan status badan hukum secara bersamasama berpengaruh signifikan terhadap posisi bersaing. Sedangkan secara parsial faktor-faktor yang mempengaruhi posisi bersaing adalah harga dan inovasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/499/050703201
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Dec 2007 09:28
Last Modified: 01 Feb 2024 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103280
[thumbnail of 050703201.pdf]
Preview
Text
050703201.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item