Pengaruh Risiko Kredit, Laba dan Kondisi Ekonomi Terhadap Loan Loss Provision Untuk Mengetahui Adanya Perataan Laba Pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia.

AyuDewiKurniawati (2007) Pengaruh Risiko Kredit, Laba dan Kondisi Ekonomi Terhadap Loan Loss Provision Untuk Mengetahui Adanya Perataan Laba Pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perataan laba merupakan tindakan yang dilakukan manajer untuk mengurangi variabilitas laba yang dipersepsikan sebagi risiko, perataan laba dapat dijelaskan dengan teori keagenan. Bank melakukan perataan laba melalui penggunaan Loan Loss Provision ( LLP ) karena LLP mengurangi pendapatan bunga bersih dalam proses menghasilkan laba bersih dan jumlahnya ditentukan oleh manajer meskipun berpedoman pada peraturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variabel risiko kredit, laba dan kondisi ekonomi terhadap LLP yang mengindikasikan adanya perataan laba pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia dan mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap LLP . Sesuai tujuan penelitian maka jenis penelitian ini adalah explanatory research , sampel yang digunakan sebanyak 25 BPD yang diambil melalui metode purposive sampling dengan data berupa pooled data yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko kredit, laba dan kondisi ekonomi berpengaruh baik secara simultan maupun parsial. Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap LLP adalah laba. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa BPD melakukan perataan laba melalui LLP secara agresif karena pertimbangan untuk menyesuaikan LLP dengan laba lebih besar daripada menyesuaikan dengan risiko kredit. Manajer memanfaatkan asimetri informasi dan wewenang dalam pembentukan LLP untuk perataan laba untuk mencapai kepentingan pribadi yang terkait dengan skema kompensasi yang berdasarkan perolehan laba dan ancaman pemecatan.Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian terdahulu maupun teori yang ada. Perataan laba pada BPD di Indonesia melalui LLP merupakan hal yang ironis karena tujuan pembentukan LLP yang sesungguhnya adalah sebagai dana cadangan untuk mengantisipasi risiko kerugian kredit yang diperkirakan demi mewujudkan prudential banking . Hal ini mengakibatkan pihak eksternal kesulitan mengukur kinerja keuangan bank yang sebenarnya serta kualitas portofolio kredit bank yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/403/050702763
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 10:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103245
[thumbnail of 050702763.pdf]
Preview
Text
050702763.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item