Analisis Dinamika Pantai Di Pantai Jolosutro Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Widana, Rama Khaleda (2018) Analisis Dinamika Pantai Di Pantai Jolosutro Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai merupakan kawasan yang sangat dinamis, dalam artian banyak faktor yang dapat mempengaruhi kondisi suatu pantai. Faktor alami seperti gelombang, arus, pasang surut, angin, akresi dan abrasi seringkali menjadi faktor utama berubahnya garis pantai. Analisis dinamika pantai di Pantai Jolosutro perlu dilakukan, mengingat Pantai Jolosutro termasuk pantai wisata di Kabupaten Blitar Selain sebagai acuan pada penelitian selanjutkan diharapkan dengan mengetahui dinamika di Pantai Jolosutro mampu untuk memajukan pariwisata di masa yang akan datang. Penelitian dilakukan pada bulan September hingga bulan November 2017. Pengambilan sampel di lapangan menggunakan teknik purposive sampling yakni menentukan titik – titik sampling untuk menggambarkan kondisi sekitar namun semua tetap disesuaikan pada saat di lapangan. Data sedimen dan data arus yang termasuk data primer diambil pada tanggal 19 Oktober 2017. Data sekunder yakni data prediksi pasang surut diperoleh dari website www.big.go.id. Data sedimen dianalisa dengan metode ayakan dan analisa granulometri menggunakan Sieve Shaker serta Ms. Excel sebagai program untuk mempermudah perhitungan. Beberapa data diolah menggunakan software yang berbeda seperti data arus menggunakan Surfer, data citra menggunakan ArcGis, sementara untuk data gelombang dan kemiringan pantai diolah menggunakan Ms. Excel. Rata – rata kecepatan arus di Pantai Jolosutro sebesar 0,41 m/s dengan arah utara dan barat laut sementara arus yang berada di muara sungai mengarah kesebelah selatan. Pantai Jolosutro memiliki gelombang yang cukup tinggi yakni sekitar 0,53 m dengan kemiringan pantai 4,79º pantai ini memiliki tipe pasang surut campuran condong harian ganda. Analisis data sedimen menghasilkan sedimen yang dominan di Pantai Jolosutro adalah sedimen pasir dengan fraksi sedimen pasir halus yang memiliki diameter butir sedimen sebesar 0,27 mm dengan persentase dari keseluruhan pantai adalah 80% sedimen pasir. Analisis dinamika pantai menunjukkan bahwa Pantai Jolosutro cenderung mengalami abrasi. Penggunaan citra Google Earth sebagai data pendukung menjukan bahwa dalam kurun waktu lima tahun Pantai Jolosutro mengalami tren negatif (abrasi). Selain itu, kurva Hjulstrom juga menunnjukan hal yang sama bahwa Pantai Jolosutro mengalami Erosion and Transport. Arus dan Gelombang memiliki dampak yang cukup besar terhadap adanya abrasi di Pantai Jolosutro hal tersebut dikuatkan dengan kurangnya vegetasi sebagai perlindungan pantai yang mengakibatkan pantai sangat rentan terhadap abrasi. Penambahan vegetasi sebagai pelindung pantai sangat disarankan sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi dampak abrasi yang terjadi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/107/051803346
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.7 Land, recreational and wilderness areas, energy > 333.78 Recreational and Wilderness areas > 333.784 Specific kinds of recreational and wilderness areas
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 May 2018 07:03
Last Modified: 24 Oct 2021 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10324
[thumbnail of ANALISIS DINAMIKA PANTAI DI PANTAI JOLOSUTRO.pdf]
Preview
Text
ANALISIS DINAMIKA PANTAI DI PANTAI JOLOSUTRO.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item