Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak Badan : Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Tulungagung.

EkaRizkiMeinarsari (2007) Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak Badan : Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepatuhan Wajib Pajak adalah salah satu unsur penting dalam meningkatkan penerimaan pajak. Kepatuhan Wajib Pajak yang dimaksud dalam hal ini adalah kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya yang dapat diidentifikasi dari berbagai hal, salah satunya melalui kepatuhan Wajib Pajak dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor Kompleksitas (bentuk atau kesederhanaan) formulir SPT, sanksi, tingkat pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak mempengaruhi kepatuhan wajib pajak badan dalam menyampaikan SPT Tahunannya. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Kompleksitas SPT, sanksi, tingkat pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunannya. Dan kesadaran wajib pajak mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepatuhan masyarakat dalam menyampaikan SPT Tahunannya. Kesadaran merupakan faktor yang berasal dari kemauan dan perubahan sikap wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dan melaksanakan hak perpajakannya. Selain hal tersebut, masih ada hal yang harus dipertegas lagi yaitu sanksi hukum atas ketidakpatuhan Wajib Pajak. Diharapkan dari perbaikan kesadaran wajib pajak dan ketegasan sanksi berpengaruh pada peningkatan kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT serta peningkatan penerimaan pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/382/050702370
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 10:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103223
[thumbnail of 050702370.pdf]
Preview
Text
050702370.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item