Budgetary slack dan pengaruhnya terhadap etika dalam penyusunan anggaran perusahaan : Studi kasus pada sebuah perusahaan manufaktur di Jakarta.

AristiawatiEviyantari (2007) Budgetary slack dan pengaruhnya terhadap etika dalam penyusunan anggaran perusahaan : Studi kasus pada sebuah perusahaan manufaktur di Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana budgetary slack tersebut terjadi dan dilakukan pada anggaran suatu perusahaan, serta untuk mengetahui persoalan-persoalan etika apa saja yang dihadapi oleh perusahaan yang menjadi alasan timbulnya budgetary slack. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat eksplanatif dan deskriptif yang dilakukan dengan studi kasus dan lapangan (case and field study). Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam industri perakitan suku cadang kendaraan bermotor di kota Jakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Sedangkan data dianalisis melalui tiga jalur kegiatan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kebijakan untuk menentukan target perencanaan produksi yang ditetapkan lebih tinggi sebesar 20 sampai dengan 50 persen diatas order yang sesungguhnya sesuai dengan yang diminta oleh customers. Dari hasil wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa perusahaan memang telah menaikkan target perencanaan produksi untuk produk Brakchet Side Stand Footres selama Januari sampai dengan April 2007 sebanyak 25,8% dari target purchase order yang sesungguhnya telah diterima dari customers. Dampak dari praktik penetapan slack pada perencanaan produksi perusahaan memberikan pengaruh terhadap munculnya masalah etika yaitu konflik kepentingan yang berimplikasi pada penyimpanan informasi oleh para manajer dalam hal penetapan target perencanaan produksi yang dinaikkan lebih tinggi sebanyak 25,8%, dimana hal ini tidak diketahui oleh para pekerja atau karyawan manajemen bawah. Slack yang ditetapkan lebih tinggi dari target perencanaan produksi yang seharusnya dapat direalisasi mengindikasikan bahwa adanya asimetri informasi dalam penetapan target perencanaan produksi perusahaan, dan hal tersebut memberikan dampak etika yang dilematis dengan konsep dasar nilai moral etika yaitu kejujuran dan keadilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/381/050702369
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 10:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103222
[thumbnail of 050702369.pdf]
Preview
Text
050702369.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item