Penilaian Jatidiri Koperasi Dengan Pendekatan Development Ladder Assessment (DLA) Pada Koperasi Setia Budi Wanita, KUD Subur, KOPMA Universitas Brawijaya Di Malang

DwiKresnowati, (2007) Penilaian Jatidiri Koperasi Dengan Pendekatan Development Ladder Assessment (DLA) Pada Koperasi Setia Budi Wanita, KUD Subur, KOPMA Universitas Brawijaya Di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peranan koperasi dalam ekonomi rakyat secara empiris terbukti cukup nyata baik dalam kondisi perekonomian yang normal maupun pada saat menghadapi krisis. Koperasi membawa pengharapan bagi masyarakat akan datangnya kemakmuran dan keadilan. Koperasi mempunnyai tujuan yaitu mensejahterakan anggota, jadi dasar pembentukan koperasi adalah anggota bukan modal.hal ini tercantum dalam UU No. 25 Tahun 1992. Pada perkembangannya, agar koperasi lebih maju maka diadakan kongres yang membicarakan tentang jatidiri koperasi pada tahun 1995. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Mengukur kesesuaian kinerja koperasi sebagai organisasi yang berbasis pada anggota; 2. Mengukur kesesuaian kinerja koperasi sebagai organisasi perusahaan, 3. Mengukur kesesuaian kinerja koperasi terhadap sumberdaya keuangan, 4. Mengukur kesesuaian kinerja koperasi terhadap jaringan kerja yang dijalin, baik dengan sesama koperasi, organiasi puncaknya, maupun dengan pemerintah. 5. Mengetahui posisi koperasi dalam pemahamannya terhadap jatidiri koperasi. Lokasi penelitian: Koperasi Setia Budi Wanita, KUD Subur, kopma Universitas Brawijaya. Pemilihan koperasi ini secara sengaja didasarkan atas pertimbangan: ketiga koperasi mewakili gerakan koperasi, koperasi bentukan pemerintah, koperasi fungsional. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan Development Ladder Assesment (DLA), dan memposisikan koperasi dalm kuadran grafik kisi-kisi yang berkaitan dengan tujuan: mengetahui perkembangan kinerja koperasi dari waktu kewaktu, mengetahui koperasi yang berjatidiri. Koperasi yang berjatidiri dapat diukur dengan melihat bagaimana koperasi memahami, mengetahui, dan menerapkan jatidirinya dalam kehidupan koperasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa jatidiri koperasi meliputi visi, kapasitas, sumberdaya, jaringan kerja. Jika keempat factor ini dinilai bagus meka koperasi dapat dikatakan berjatidiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/374/050702362
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 10:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103215
[thumbnail of 050702362.pdf]
Preview
Text
050702362.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item