BermanNoelChristianSilalahi (2007) Tanggung jawab sosial perusahaan dalam perspektif etika bisnis kristen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keberadaan tanggung jawab sosial perusahaan di tengah masyarakat dapat mencegah dampak sosial lebih buruk, baik langsung atau tidak langsung, terhadap kelangsungan usaha. Dan bila tanggung jawab sosial perusahaan ini dilaksanakan dengan baik, maka akan berdampak positif terhadap keberlangsungan usaha perusahaan. Keberadaan perusahaan, yang didirikan, diisi dan digerakan oleh berbagai macam manusia ini, mengakibatkan perusahaan tidak hanya berkaitan dengan masyarakat dan lingkungan semata, melainkan juga dengan Allah, sebagai pencipta dunia ini. Karena Allah mempunyai maksud dan tujuan terhadap manusia ciptaan-Nya, maka keberadaan perusahaan tentulah juga berkaitan dengan Allah. Karena tujuan keberadaan perusahaan dan apa yang harus perusahaan lakukan, tentulah berkaitan dengan maksud dan tujuan Allah terhadap manusia. Penelitian ini mencoba untuk melihat atau menafsirkan apakah konsep tanggung jawab sosial perusahaan yang sudah ada, telah sesuai dengan perspektif etika bisnis Kristen. Atau dengan kata lain peneliti mencoba untuk meneliti apakah konsep tanggung jawab sosial perusahaan dapat dikatakan sudah dilakukan sesuai dengan etika Kristen yang benar. Di dalam proses ini, peneliti akan menggunakan tiga (3) kriteria yang harus menjadi pertimbangan di dalam diri setiap orang Kristen jika ingin melakukan etika bisnis Kristen yang benar. Yaitu bahwa perbuatan tersebut dapat dikatakan baik jika: motifnya baik, tujuannya baik. dan cara atau standarnya baik. Sedangkan sumber data utama diperoleh dengan melakukan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian yang dilakukan di dapati bahwa konsep tanggung jawab sosial yang ada saat ini tidaklah sesuai dengan kriteria yang digunakan. Ini terjadi karena motif, tujuan dan standard/cara yang berada di balik tanggung jawab sosial perusahaan tidak memenuhi criteria baik dari etika Kristen. Karena tidak timbul dari iman kepada Yesus Kristus, tidak dilakukan sesuai dengan hukum Taurat yang telah Allah berikan, tidak dilakukan hanya demi atau untuk kemuliaan Allah, dan dilakukan dengan berdasarkan atas aturan manusia atau kemauan kita sendiri. Keadaan ini merupakan akibat dari kejatuhan manusia ke dalam dosa, sehingga tidak satupun manusia yang hidup mencari Allah, dan memuliakan Allah di dalam setiap aktivitas hidupnya. Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dapat dijalankan sesuai dengan etika bisnis Kristen dengan mengerjakannya di dalam kerangka penebusan dan pendamaian yang telah dilakukan oleh Yesus Kristus di dunia dan janji Allah yang akan menyempurnakan setiap pekerjaan yang kita buat, dan janji akan adanya langit dan bumi yang baru.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/364/050702352 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Sep 2007 00:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 10:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103205 |
Preview |
Text
050702352.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |