Sektor informal sebagai Katalisator Pengentasan Kemiskinan : Studi Kasus Pedagang Kaki Lima di Sekitar Pasar Besar Kota Malang.

Setiawan, BagusHendri (2007) Sektor informal sebagai Katalisator Pengentasan Kemiskinan : Studi Kasus Pedagang Kaki Lima di Sekitar Pasar Besar Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia dalam beberapa tahun terakhir membawa Indonesia ke dalam permasalahan yang cukup kompleks. Pengangguran dan kemiskinan tidak mampu tereduksi dengan angka yang cukup signifikan. Yang cukup unik adalah semakin tingginya perkembangan sektor informal jika dibandingkan dengan perkembangan sektor formal ditengah keadaan masyarakat indonesia yang rentan terhadap kemiskinan. Penelitian ini mencoba menjelaskan interaksi antara sektor informal dan kemiskinan. Sektor informal yang diteliti adalah sektor informal di perkotaan. Dimana dalam hal ini sektor informal dipandang sebagai faktor yang mampu menjadi pengentas kemiskinan ( Bright View ) dan memperburuk kemiskinan ( Dark View ). Kedua paradima tersebut ditelaah melalui tiga sudut pandang yang saling berkaitan yakni secara ekonomi, politik dan kelembagaan. Dimana, tujuan akhir adalah menemukan interaksi tersebut dengan memaparkan pendapatan sebagai determinan dari sektor informal dan kemiskinan dan dengan analisis faktor-faktor lain yang menunjang pendapatan tersebut baik secara ekonomis (pendidikan, pengalaman, permodalan), politik (social welfare dan public choice theory) serta kelembagaan (modal sosial). Hasil yang didapatkan mencerminkan bahwa sektor informal mampu menjadi katalisator pengentasan kemiskinan dengan dipengaruhi oleh kuatnya interkasi antara faktor-faktor penunjang pendapatan baik secara ekonomis, politik, maupun kelembagaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/359/050702347
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103199
[thumbnail of 050702347.pdf]
Preview
Text
050702347.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item