Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak Badan : Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Batu.

AchmadSetiawan (2007) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak Badan : Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor kesederhanaan formulir SPT, sanksi, tingkat pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap penyampaian SPT Tahunan wajib pajak badan secara tepat waktu. Selain itu, tujuan lainnya adalah diantara faktor-faktor tersebut faktor apa yang paling dominan pengaruhnya terhadap penyampaian SPT Tahunan wajib pajak badan secara tepat waktu. Untuk membuktikan. Dalam penelitian ini memfokuskan pada wajib pajak badan dengan variabel yang diteliti yaitu kesederhanaan formulir SPT, sanksi, tingkat pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak dengan menggunakan regresi linier berganda sebagai alat analisa data dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Dari hasil regresi linier berganda tersebut diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kesederhanaan formulir SPT, sanksi, tingkat pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap penyampaian SPT Tahunan secara tepat waktu. Dengan memperhatikan hasil nilai F hitung sebesar 36,689 (p-value = 0,000 < 0,050) lebih besar dari F tabel sebesar 2,494. Selain itu juga diketahui bahwa kesadaran wajib pajak merupakan faktor yang paling dominan terhadap penyampaian SPT Tahunan secara tepat waktu. Dengan memperhatikan nilai koefisien beta yang digunakan untuk membandingkan kekuatan pengaruh dari keempat variabel bebas. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kesadaran wajib pajak mempunyai pengaruh yang dominan diantara variabel bebas lainnya. Ini ditunjukkan dengan nilai koefisien beta yang paling besar, variabel kesadaran wajib pajak memiliki koefisien beta sebesar 0,349. Dengan demikian bahwa variabel kesadaran wajib pajak merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap penyampaian SPT secara tepat waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/357/050702262
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103197
[thumbnail of 050702262.pdf]
Preview
Text
050702262.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item