AjengRetnoW (2007) Manajemen Strategi Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran dan analisis tentang kondisi terkini lingkungan perusahaan baik lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Perusahaan ini menghadapi berbagai permasalahan yang harus diseleseikan dimana perubahan lingkungan yang cepat menuntut perusahaan untuk lebih cepat tanggap dalam mengembangkan produk untuk menghadapi pertumbuhan industri asuransi yang semakin pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang yang dimiliki dan dihadapi oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office serta menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan dalam upaya mengembangkan usahanya dan mencapai tujuan perusahaan. Sehingga dari penelitian ini diharapkan perusahaan dapat mengambil langkah strategi yang tepat dalam kegiatan operasional perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu input stage , matching stage , dan decision stage . Pada input stage alat analisis yang digunakan antara lain analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan analisis External factor Evaluation (EFE). Pada matching stage digunakan alat analisis berupa analisis Treath-Opportunity-Weakness-Strength (TOWS) dan analisis Internal External (IE). Dan dengan menggunakan Quantitatif Strategic Planning Matrix (QSPM) pada decision stage , berbagai alternatif strategi dianalisis dan dihasilkan satu strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil analisis lingkungan dan posisi perusahaan, maka strategi yang dipilih adalah strategi penetrasi pasar. Adapun strategi fungsional dalam bidang operasional atau produksi meliputi promosi penjualan, presentasi produk, serta sosialisasi produk. Dibidang keuangan meliputi efektivitas dan efisiensi biaya, penyederhanaan prosedur pembukuan, dan penggunaan anggaran secara tepat guna. Dibidang pemasaran meliputi penetrasi pasar, penjualan produk-produk yang memberikan keuntungan besar, serta pembayaran komisi dan hak-hak pemasar. Dan dibidang sumber daya manusia meliputi pelaksanaan diklat dan memberikan pengetahuan mengenai produk-produk baru.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/356/050702261 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 30 Aug 2007 00:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 09:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103196 |
Text
050702261.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |