Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Seasoned Equity Offerings : Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ.

CitraFitriasari (2007) Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Seasoned Equity Offerings : Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris adanya penurunan kinerja perusahaan pada periode sesudah seasoned equity offerings (SEO). Penurunan kinerja tersebut ditunjukkan dengan adanya perbedaan pada kinerja keuangan dan kinerja saham sebelum dan sesudah SEO. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 34 perusahaan manufaktur yang melakukan SEO pada periode 1999-2002 di BEJ. Alat uji beda, Paired Sample t-Test, digunakan untuk menemukan signifikansi perbedaan kinerja. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan lima rasio keuangan, yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA), dan Total Assets Turnover Ratio (TAT). Sedangkan kinerja saham diukur dengan menggunakan return saham. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel CR, DER, NPM, ROA, dan return saham sebelum dan sesudah SEO. Sedangkan hasil pengujian pada variabel TAT menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Penurunan nilai mean pada variabel DER, NPM, ROA, TAT dan return saham menunjukkan bahwa perusahaan mengalami penurunan kinerja operasional, kinerja probabilitas, dan kinerja saham pasca SEO. Sedangkan variabel CR justru meningkat pada periode sesudah SEO.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/342/050702204
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103182
[thumbnail of 050702204.pdf]
Preview
Text
050702204.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item