Perbandingan Kinerja Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta : Studi Kasus Pada PT. Bentoel Internasional Investama Tbk, PT. HM Sampoerna Tbk,dan PT. Gudang Garam Tbk”.

AlifMaulana (2007) Perbandingan Kinerja Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta : Studi Kasus Pada PT. Bentoel Internasional Investama Tbk, PT. HM Sampoerna Tbk,dan PT. Gudang Garam Tbk”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan menganalisis serta membandingkan kinerja keungan PT. Bentoel Intrnasional Investama Tbk, PT HM Sampoerna Tbk, dan PT Gudang Garam tiap tahunya selama empat tahun (2002-2005), berdasarkan tujuan penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Adapun untuk alat analisis menggunakan alat rasio keuangan yang nantinya di gunakan juga untuk mencari rata-rata industri dan standar deviasi, kemudian kedua parameter tersebut digunakan untuk mencari batas-batas sekala rasio yang berfungsi untuk menunjukkan kondisi sebuah perusahaan. Berdasarkan hasil dari analisis rasio keuangan ini diketahui bahwa pada rasio profitabilitas ketiga perusahaan dalam kondisi baik sehingga mendorong investor untuk menanamkan investasinya. Rasio produktivitas PT HM Sampoerna Tbk, dan PT Gudang garam Tbk dalam kondisi baik itu artinya perussahaan mampu menngkatkan produktivitas karyawan maupun teknologi yang di gunakan guna menujang proses produksi. Untuk rasio utilitas aktiva menujukan PT HM Sampoerna Tbk mampu memanfaatkan aktivanya baik aktiva lancar maupun tuidak lancar guna menujang proses produksi. Dan rasio stabilitas PT Bentoel Internasional Investama Tbk dan PT gudang garam Tbk dalam kondisi baik itu artinya stabilitas perusahaan dalam memenuhikewajiban jangka pendek maupun jangka panjang terjaga. Sedangkan untuk rasio potensi pertumbuhan penjualan PT HM Sampoerna Tbk menunjukkan tren yang positif. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa PT HM Sampoerna Tbk memiliki kenerja perusahaan yang lebih baik daripada PT Bentoel Internasional Investama Tbk dan PT Gudang garam Tbk jika dilihat dari laporan kuangannya, hal ini membuat PT Phlip Morris Indonesia tertarik untuk melakukan akusisi terhadap PT HM Sampoerna Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/337/050702199
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103178
[thumbnail of 050702199.pdf]
Preview
Text
050702199.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item