MarindraIswibudilaksono (2007) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan yang Melakukan Penawaran Saham Perdana dan Listing di BEJ Periode 2000-2005. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Underpricing merupakan suatu keadaan dimana harga saham yang diperdagangkan di pasar perdana lebih rendah dibandingkan ketika diperdagangkan di pasar sekunder. Underpricing disebabkan oleh asimetri informasi antara emiten dengan underwriter maupun antara informed investor dan uninformed investor mengenai prospek perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan maupun parsial informasi keuangan ( return on equity , besaran perusahaan dan ukuran penawaran saham) dan informasi non keuangan (reputasi auditor, rata-rata kurs dan umur perusahaan) terhadap underpricing saham yang diukur dengan initial return . Initial return pada penelitian ini dihitung berdasarkan actual return, kemudian akan dibandingkan dengan initial return yang dihitung dengan market adjusted model untuk membuktikan konsistensi hasil jika diukur dengan dua metode yang berbeda. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari Pojok BEJ Universitas Brawijaya. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling . Kriteria pemilihan sampel adalah perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana dan sahamnya listing si BEJ untuk periode 2000-2005 serta mengalami underpricing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 perusahaan. Penelitian ini menggunakan persamaan regresi berganda sebagai alat bantu analisis. Hasil analisis dengan menggunakan actual return dan market adjusted model adalah konsisten. Hasil penelitian ini adalah variabel return on equity , besaran perusahaan, ukuran penawaran saham, reputasi auditor, rata-rata kurs dan umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap underpricing secara simultan. Sedangkan secara parsial hanya variabel return on equity berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing dan ukuran penawaran saham berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing . Hal ini berarti investor menggunakan informasi mengenai profitabilitas dan ukuran penawaran saham dalam pertimbangan pembuatan keputusan investasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/332/050702124 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Aug 2007 00:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 09:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103173 |
Preview |
Text
050702124.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |