Persepsi Wajib Pajak dan Fiskus Terhadap Penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bangunan Rumah Tinggal Sebagai Dasar Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan : Studi Kasus Pada Kelurahan Ketawanggede Kecam

Susanti, Lutfia (2007) Persepsi Wajib Pajak dan Fiskus Terhadap Penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bangunan Rumah Tinggal Sebagai Dasar Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan : Studi Kasus Pada Kelurahan Ketawanggede Kecam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena besarnya partisipasi Wajib Pajak dalam menentukan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), dengan melihat adanya perkembangan wilayah penelitian yang dirasa mampu menambah pemasukan kas bagi daerah yang dikelola oleh pusat sebagai bentuk dari adanya pungutan Pajak Bumi dan Bangunan. Bahwa masyarakat pembayar pajak (Wajib Pajak) mempunyai kepentingan terhadap penentuan Nilai Jual Objek Pajak tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi yang ada dalam pada diri seorang Wajib Pajak maupun seorang yang melakukan penentuan NJOP (Petugas Fungsional Penilai Pajak Bumi dan Bangunan) dalam menentukan NJOP yang dilakukan secara deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Ketawanggede dikarenakan daerah ini bisa dikatakan merupakan daerah yang mengalami perkembangan wilayah yang cepat, sehingga mengakibatkan adanya kenaikan NJOP dalam kurun waktu satu tahun. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa dalam melakukan penentuan NJOP peran Wajib Pajaklah yang paling besar, dimana penentuan NJOP merupakan keputusan dari Menteri Keuangan dengan pihak-pihak terkait (petugas penilai Pemerintah/Fiskus) atas dasar transaksi yang pernah dilakukan oleh Wajib Pajak. Penentuan NJOP Bangunan rumah tinggal dlakukan secara massal yang berimplikasi pada meratanya NJOP dalam suatu kawasan/zona.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/292/050701918
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103128
[thumbnail of 050701918.pdf]
Preview
Text
050701918.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item