AlbettySwatriana (2007) Hubungan antara kualitas pendidikan tinggi akuntansi dengan pemahaman akuntansi yang dimediasi oleh kecerdasan spritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual menurut persepsi Mahasiswa : S. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mencakup enam tujuan penelitian, yaitu 1) untuk mengetahui hubungan kualitas pendidikan tinggi akuntansi dengan kecerdasan spiritual (SI), kecerdasan emosional (EI), dan kecerdasan intelektual (II) mahasiswanya, 2) untuk mengetahui hubungan SI dengan EI dan II, hubungan EI dengan II, dan hubungan SI dengan II melalui EI, 3) untuk mengetahui hubungan SI, EI, dan II dengan pemahaman akuntansi mahasiswa, 4) untuk mengetahui hubungan kualitas pendidikan tinggi akuntansi dengan pemahaman akuntansi mahasiswanya, 5) untuk mengetahui hubungan kualitas pendidikan tinggi akuntansi dengan pemahaman akuntansi melalui kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual, dan 6) untuk mengetahui manakah dari semua variabel yang memiliki hubungan yang paling kuat dengan pemahaman akuntansi mahasiswa. Penelitian ini mengambil responden mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Brawijaya untuk angkatan 2000 sampai 2003 yang telah menempuh minimal 132 sks. Mahasiswa yang bersangkutan sudah menempuh mata kuliah PA1 dan 2, AK 1 dan 2, AKL 1 dan 2, Auditing 1 dan 2, AkBi, AkMan, SIA dan telah/sedang menempuh TA. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk variabel kualitas pendidikan tinggi akuntansi, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional. Variabel kecerdasan intelektual diperoleh dari hasil tes CFIT skala 3 yang dilakukan oleh psikolog. Sedangkan, variabel pemahaman akuntansi diperoleh dari transkrip mahasiswa yang bersangkutan. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan tinggi akuntansi memiliki hubungan positif dan signifikan dengan SI, EI, dan II mahasiswanya. SI memiliki hubungan positif dan signifikan dengan EI dan hubungan SI dengan II adalah negatif dan tidak nyata. Sedangkan, hubungan EI dengan II adalah positif dan signifikan. Efek tidak langsung hubungan SI dengan II melalui EI adalah positif dan signifikan. Kemudian, SI dan EI memiliki hubungan yang tidak nyata dengan pemahaman akuntansi mahasiswa, walaupun arah hubungannya adalah positif. Sedangkan, II berhubungan positif dan signifikan dengan pemahaman akuntansi mahasiswa. Efek tidak langsung hubungan kualitas pendidikan tinggi akuntansi dengan pemahaman akuntansi mahasiswanya melalui SI dan EI adalah positif dan tidak signifikan. Tetapi, Efek tidak langsung hubungan kualitas pendidikan tinggi akuntansi dengan pemahaman akuntansi mahasiswanya melalui II adalah positif dan signifikan. Kualitas pendidikan tinggi akuntansi memiliki hubungan positif dan memiliki hubungan yang paling kuat dengan pemahaman akuntansi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/291/050701917 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 31 Jul 2007 00:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 09:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103127 |
Preview |
Text
050701917.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |