Analisis Sikap Nasabah Terhadap Atribut Yang Dimiliki Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang .

JauhariArifin (2007) Analisis Sikap Nasabah Terhadap Atribut Yang Dimiliki Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang . Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sikap Merupakan perasaan positif atau negatif terhadap rangsangan yaitu suatu obyek atau fenomena. Sikap juga merupakan kondisi mental seseorang yang merupakan gabungan dari kepercayaan dan evaluasi terhadap obyek atau fenomena itu. riset tentang sikap akan membantu perusahaan untuk mengetahui bagaimana penilaian konsumen terhadap produk atau jasa yang telah dikonsumsi. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap mahasiswa terhadap kualitas jasa dan menguji hipotesis adakah perbedaan sikap mahasiswa pada tiap-tiap gedung. Obyek penelitian ini adalah penghuni asrama yang masih terdaftar dalam kontrak perjanjian dengan pengelola asrama sebagai penghuni asrama, sehingga populasi yang diambil adalah keseluruhan penghuni asrama yang masih terdaftar, yakni sebanyak 332 orang. Jumlah populasi tersebut dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing proporsi yang berbeda. Dengan proporsi tersebut maka diambil sampel sebanyak 77 orang dengan proporsi masing-masing blok yakni sebesar 17 orang untuk blok B dan 30 orang masing-masing untuk blok C dan D. Dalam penelitian ini responden diminta untuk mengisi tentang identitas responden dan memberikan tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kepercayaan dan evaluasi terhadap atribut kualitas jasa yang diajukan yakni: keadaan bangunan/ gedung (A1), fasilitas yang tersedia (listrik, telepon, air, air minum dan olah raga) (A2), tarif/ harga sewa (A3), lokasi (A4), tempat parkir (A5), prosedur perpanjangan kontrak (A6), pelayanan pengaduan (A7), peraturan (A8), kemauan dalam menerima saran (A9), ketanggapan pihak pengelola (A10), kedisiplinan karyawan (A11), jaminan keamanan (A12), kenyamanan dalam belajar (A13), Privacy (B14), kebersihan (A15), perhatian terhadap kebutuhan penghuni (A16), fleksibilitas dalam pembayaran (A17). Penentuan atribut-atribut tersebut di dasarkan pada penelitian terdahulu mengenai kualitas jasa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sikap konsumen secara keseluruhan yang dibentuk dari 77 responden adalah netral dengan skor angka 15.140 dan rata-rata skor 196,62. Disamping itu hasil uji hipotesis mengahsilkan bahwa tidak ada perbedaan sikap antara penghuni yang berada di gedung B, C dan D. Dengan kata lain perbedaan gedung atau blok penghuni ternyata tidak membuat sikapnya berbeda

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/287/050701866
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103122
[thumbnail of 050701866.pdf]
Preview
Text
050701866.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item