Analisis aspek keuangan yang dicerminkan melalui rasio keuangan sebagai dasar pemberian kredit oleh Bank ''X" pada tahun 2004-2005.

FilliaAriK (2007) Analisis aspek keuangan yang dicerminkan melalui rasio keuangan sebagai dasar pemberian kredit oleh Bank ''X" pada tahun 2004-2005. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek keuangan yang dicerminkan melalui rasio keuangan sebagai dasar pemberian kredit oleh Bank “X”, khususnya pada perusahaan-perusahaan yang menerima pinjaman pada tahun 2004-2005. Rasio-rasio tersebut terdiri atas rasio likuiditas (rasio lancar, rasio cepat, nilai penjualan cepat, pola arus kas), rasio leverage keuangan (hutang terhadap aktiva, hutang terhadap kapitalisasi, hutang terhadap ekuitas, trade-off/imbalan), dan debt service (cakupan bunga, cakupan bunga dan pokok, analisis arus kas). Selanjutnya, hasil analisis rasio menurut literature Helfret dari sudut pandang pemberi pinjaman dibandingkan dengan menurut Bank “X”. Untuk mengetahui hasil analisis dan perbandingan tersebut digunakan metode deskriptif yang bersifat komparatif. Dari hasil analisis dan perbandingan diketahui bahwa perusahaan-perusahaan yang telah menerima kredit dari Bank “X” memang secara umum benar-benar telah “layak” dan ternyata ada perbedaan kuantitas/jumlah rasio menurut literature Helfret dan menurut Bank “X”. Bank “X” juga memperhitungkan rasio-rasio yang terdapat pada sudut pandang lain, yaitu menurut sudut pandang manajemen (operating ratios dan profitability ratios) dan sudut pandang pemilik (profitability ratios). Hal ini terjadi karena Bank “X” lebih berpedoman pada kebijakan Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral di Indonesia, ingin agar perhitungannya akan menghasilkan analisis yang lebih lengkap dan lebih akurat yang selanjutnya akan lebih memperkecil tingkat risiko yang harus ditanggung oleh Bank “X” apabila terjadi kesulitan-kesulitan keuangan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Selain itu, Bank “X” juga lebih bisa mengetahui prospek usaha perusahaan debitur di masa datang dan lebih mudah untuk memantau jalannya usaha perusahaan debitur tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/265/050701707
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jul 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 08:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103100
[thumbnail of 050701707.pdf]
Preview
Text
050701707.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item