Analisis variabel-variabel yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada industri kecil kripik tempe di Kecamatan Blimbing kota Malang.

HarrySiswanto (2007) Analisis variabel-variabel yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada industri kecil kripik tempe di Kecamatan Blimbing kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang terdiri dari modal, pengalaman bekerja, dan volume penjualan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil kripik tempe di Kecamatan Blimbing Kota Malang dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil kripik tempe di Kecamatan Blimbing Kota Malang Modal. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa variabel modal, pengalaman bekerja dan volume penjualan secara bersama-sama berpengaruh yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pengrajin tempe di Kecamatan Blimbing Kota Malang. Pengalaman bekerja dan volume penjualan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pengrajin tempe di Kecamatan Blimbing Kota Malang. Sedangkan variabel modal secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Di antara modal, pengalaman bekerja dan volume penjualan yang berpengaruh dominan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah volume penjualan. Dengan demikian diharapkan peran serta Pemerintah Daerah setempat dalam membina pengrajin kripik tempe sangat diperlukan guna menunjang pendapatan, mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan produktivitas dan penguasaan teknologi secara gratis dalam peningkatan produksinya, memberikan bantuan dalam teknologi dan peralatan atau mesin-mesin baru dengan harapan dapat membantu dalam proses produksi sehingga lebih efektif dan efisien serta memberikan pelatihan manajemen, baik dalam hal pemasaran maupun pembukuannya, dengan tujuan agar mampu meningkatkan penjualan dan sistem pembukuan yang baik. Membantu pemasaran produk dalam hal promosi dari industri kecil tersebut, misalnya diikutsertakan dalam suatu pameran, penyebaran brosur-brosur atau sarana promosi lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/255/050701592
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jul 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103089
[thumbnail of 050701592.pdf]
Preview
Text
050701592.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item