Penggunaan Teknik Hedging Contract Forward Untuk eminimalkan Risiko Akibat Selisih Kurs : Studi Kasus Pada PT. Bayer Indonesia, Tbk .

AnnesMeirezaAdityas (2006) Penggunaan Teknik Hedging Contract Forward Untuk eminimalkan Risiko Akibat Selisih Kurs : Studi Kasus Pada PT. Bayer Indonesia, Tbk . Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transaksi yang melibatkan mata uang asing tentu tidak lepas dari risiko yang timbul sebagai akibat dari perubahan nilai kurs mata uang asing tersebut. Untuk itu sebuah perusahaan harus dapat mengelola transaksi mata uang asing yang dilakukannya agar risiko dari transaksi tersebut dapat ditekan seminimal mungkin, atau jika mungkin dihilangkan sama sekali. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan transaksi hedging ( lindung nilai ). Hedging sebagai strategi keuangan akan menjamin bahwa nilai tukar valuta asing yang digunakan untuk membayar ( outflow ), atau sejumlah uang asing yang akan diterima ( inflow ), di masa datang tidak dipengaruhi oleh perubahan atau fluktuasi nilai tukar valuta asing. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kegunaan transaksi kontrak forward dalam melindungi perusahaan dari risiko nilai tukar. Penelitian ini juga mencoba mengetahui manfaat dari transaksi hedging dan pengaruh dari transaksi tersebut terhadap laporan keuangan. Penelitan yang dilakukan terhadap PT. Bayer Indonesia, Tbk menunjukkan bahwa jika perusahaan menggunakan hedging kontrak forward , perusahaan dapat menekan jumlah kerugian selisih kurs akibat transaksi valuta asing, dan juga meningkatkan saldo kas. Transaksi ini juga akan menimbulkan akun baru pada neraca seperti piutang kontrak dan hutang kontrak. Selain itu perbaikan juga terjadi pada ikhtisar keuangan perusahaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan PT. Bayer Indonesia, Tbk menjadi lebih baik jika perusahaan melakukan transaksi kontrak forward untuk mengurangi risiko kerugian selisih kurs akibat transaksi valuta asing yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/247/050701560
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jul 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103081
[thumbnail of 050701560.pdf]
Preview
Text
050701560.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item