AnitaSriWahyuni (2007) Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Cair Merk Lux : Studi Kasus Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sabun mandi cair merk Lux (Studi Kasus Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang). Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel bauran pemasaran pada sabun mandi cair merk Lux mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dan yang kedua adalah untuk mengetahui variabel bauran pemasaran promosi pada sabun mandi cair merk Lux yang memiliki pengaruh dominant terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini menggunakan dua jenis variabel yaitu variabel bebas ( independent variable ) dan variabel terikat ( dependent variable ). Variabel bebas dari penelitian ini adalah bauran pemasaran (X), yang terdiri dari variabel produk (X 1), dengan item ukuran produk, merk, kemasan, aroma, komposisi; variabel harga (X2) dengan item penetapan harga, harga pesaing perubahan harga; variabel saluran distribusi (X3) dengan item kemudahan dalam mendapatkan produk, lokasi pembelian, variasi produk di tempet pembelian;, dan promosi (X4) dengan item iklan di TV, iklan di media cetak, iklan baliho, hadiah paket langsung. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian sabun mandi cair merk Lux (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang bersifat penjelasan (explanatory) . Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dan untuk memudahkan pengambilan sampel pada tiap-tiap jurusan dilakukan dengan proposional. Jumlah atau ukuran sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan rumus Consuelo G. Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel produk (X1), variabel harga (X2), variabel saluran distribusi (X3), dan promosi (X4) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian (Y). Dan juga secara parsial variabel bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun mandi cair merk Lux. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel promosi. Dari hasil penelitian ini Unilever sebagai produsen sabun mandi cair merk Lux diharapkan konsisten terhadap promosi yang digelar saat ini. Disarankan perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk dengan menciptakan formula-formula baru yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/239/050701492 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Jun 2007 00:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103073 |
Preview |
Text
050701492.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |