Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Malang”.

HappyGandaWantoro (2007) Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan Islamic Banking pasca krisis moneter pada pertengahan tahun 90-an dalam dunia perbankkan nasional, memberikan stimulus kepada bank-bank nasional untuk membuka unit syariah hampir di setiap cabangnya. Tidak terkecuali pada Bank Negara Indonesia (BNI), yang menjadi pelopor Dual Banking System. Harapan yang tinggi dari masyarakat terhadap perkembangan bank syariah, membuat BNI Syariah terus berupaya mencari strategi yang tepat agar masyarakat menetapkan BNI Syariah sebagai partner dalam berinvestasi maupun menabung uangnya. Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi relationship marketing , dengan beberapa poin yaitu menjaga kepuasan, kepercayaan serta komitmen agar tercipta loyalitas pelanggan, karena pada dasarnya loyalitas dari pelanggan atau nasabah merupakan kunci bagi perkembangan perusahaan selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan, kepercayaan, komitmen baik secara simultan atau parsial terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Malang.. Jenis penelitian yang digunakan explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Variable-variabel bebas yang terdiri dari kepuasan (X 1 ), kepercayaan (X ), dan komitmen (X ) sedangkan variable terikat yaitu loyalitas pelanggan (Y). Penelitian ini dilakukan pada nasabah bank BNI Syariah Cabang Malang dengan sample sebanyak 83 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. 2 3 Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Untuk alat analisis data yang digunakan adalah uji regresi liner berganda dan diperkuat dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji normalitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secar simultan kepuasan (X 1 ), kepercayaan (X 2 ), serta komitmen (X 3 ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Sedangkan secara parsial variabel kepercayaan(X ) dan variabel komitmen (X ) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/234/050701431
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103068
[thumbnail of 050701431.pdf]
Preview
Text
050701431.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item