Analisis Pengaruh Earning per Share, Return on Equity, dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan : Studi Pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Go Public di Bursa Efek Jakarta

AgustoChristoVictorioTuhumury (2007) Analisis Pengaruh Earning per Share, Return on Equity, dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan : Studi Pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Go Public di Bursa Efek Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu bentuk investasi yang paling menguntungkan adalah saham. Keuntungan yang bisa didapat investor adalah capital gain yang merupakan selisih antara harga jual dan harga beli saham tersebut, dan dividen. Dalam mengambil keputusan berkaitan dengan saham investor dapat menggunakan dua metode analisa. Yaitu analisa teknikal dan analisa fundamental. Analisa fundamental berfokus pada prospek perusahaan yang digambarkan oleh earning perusahaan. Salah satu metode yang paling baik untuk melihat prospek perusahaan adalah analisa rasio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari rasio earning per share, return on equity, dan price earning ratio terhadap return saham perusahaan baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan terhadap salah satu industri yang cukup berkembang di Indonesia yaitu sektor otomotif dan komponen mulai tahun 2003 sampai 2005. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa secara simultan variabel earning per share, return on equity, dan price earning ratio berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan secara parsial hanya variabel return on equity yang berpengaruh terhadap return saham. Penelitian ini juga menemukan bahwa nilai R2 dari ketiga variabel independen ini adalah 30,8%. Hal ini berarti hanya 30,8% dari variasi nilai return saham ditentukan oleh ketiga variabel independen. Sedangkan 69,2% sisanya ditentukan oleh variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/233/050701430
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103067
[thumbnail of 050701430.pdf]
Preview
Text
050701430.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item