Perencanaan pajak melalui metode penyusutan dan revaluasi aktiva tetap untuk meminimalkan beban pajak perusahaan : Studi kasus pada perusahaan GM

GalihMegananda (2007) Perencanaan pajak melalui metode penyusutan dan revaluasi aktiva tetap untuk meminimalkan beban pajak perusahaan : Studi kasus pada perusahaan GM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Perusahaan GM sebaiknya melakukan perencanaan pajak sebagai cara dalam penghematan beban pajak perusahaan. Perusahaan dapat memilih cara yang digunakan dalam penghematan beban pajak tanpa melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Secara garis besar, penelitian ini membahas tentang cara perencanaan pajak untuk penghematan beban pajak, dengan cara memanfaatkan celah yang ada di dalam Undang Undang Perpajakan yaitu melalui metode penyusutan aktiva tetap dan revaluasi aktiva tetap. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini berusaha memberikan gambaran secara sistematis, faktual, akurat mengenai permasalahan yang muncul pada suatu perusahaan, penelitian dilakukan pada Perusahaan GM dengan cara memberikan gambaran apa adanya sesuai dengan kenyataan yang ada pada saat melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan GM belum melaksanakan perencanaan pajak secara optimal. Hal ini masih dapat dibuktikan dengan pemilihan metode penyusutan garis lurus oleh Perusahaan GM dalam menghitung biaya penyusutan aktiva tetap perusahaan. Seharusnya Perusahaan GM dapat menggunakan metode penyusutan saldo menurun untuk menghitung biaya penyusutan aktiva tetap perusahaan. Dalam pemilihan metode penyusutan aktiva tetap perusahaan boleh menggunakan metode yang sekiranya menguntungkan bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/203/050701279
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103038
[thumbnail of 050701279.pdf]
Preview
Text
050701279.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item