Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Minuman Ringan Coca Cola Versi ”Coke Untuk Semua” : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

AdityoWahyuBaskoro (2007) Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Minuman Ringan Coca Cola Versi ”Coke Untuk Semua” : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Coca Cola Bottling Indonesia (CCBI) adalah merupakan salah satu produsen dan distributor minuman ringan terkemuka di dunia, yang memproduksi dan mendistribusikan produk – produk berlisensi dari The Coca Cola Company di Amerika Serikat. CCBI merupakan nama dagang yang terdiri dari perusahaanperusahaan patungan ( joint venture ) antara perusahaan-perusahaan lokal yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha independen dan Coca-Cola Amatil Limited, yang merupakan salah satu produsen dan distributor terbesar produk-produk Coca-Cola di dunia. CCBI merupakan perusahaan yang sering melakukan promosi baik dalam media cetak mau pun elektronik. Salah satunya adalah iklan televisi yang ditayangkan selama bulan Maret – Desember 2006 yaitu iklan minuman ringan Coca Cola versi “Coke Untuk Semua” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dari iklan televisi minuman ringan Coca Cola versi “Coke Untuk Semua’ dengan menggunakan EPIC Model yaitu salah satu alat untuk mengukur keefektivitasan iklan televisi yang dikembangkan oleh perusahaan penelitian pemasaran terkemuka di dunia yaitu AC Nielsen, dengan menggunakan 4 dimensi yaitu Empathy , Persuasion , Impact , dan Communication . Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan EPIC Model antara lain : Dimensi empathy (empati) yang digunakan untuk mengukur tingkat kebagusan dan rasa suka responden terhadap iklan televisi minuman ringan Coca Cola versi “Coke Untuk Semua”. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata adalah 3,95 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif . Dimensi persuasion (persuasi) yang digunakan untuk mengukur ketertarikan terhadap produk dan keinginan responden untuk membeli minuman ringan Coca Cola. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata adalah 3,71 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif . Dimensi impact (dampak) yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan mengenai produk minuman Coca Cola kepada responden dan tingkat kreativitas iklan minuman ringan Coca Cola versi “Coke Untuk Semua” dibandingkan dengan iklan minuman ringan yang lain. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata adalah 3,65 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif . Dimensi communication (komunikasi) yang digunakan untuk mengukur kemampuan konsumen menangkap pesan utama yang disampaikan, pemahaman konsumen, serta kekuatan kesan yang ditinggalkan dari iklan televisi minuman ringan Coca Cola versi “Coke Untuk Semua”. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata adalah 3,69 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/202/050701278
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103037
[thumbnail of Adityo_031022006.pdf]
Preview
Text
Adityo_031022006.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item