Analisis komparatif faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan kredit non program, antara anggota KUD dengan anggota non KUD : Studi di KUD Dewi Sri dan KPRI Tut Wuri Handayani di Kabupaten Tulungagu

WindhuAnggaraWahyuningWidi (2007) Analisis komparatif faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan kredit non program, antara anggota KUD dengan anggota non KUD : Studi di KUD Dewi Sri dan KPRI Tut Wuri Handayani di Kabupaten Tulungagu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan kredit antara dua jenis koperasi yaitu KUD Dewi Sri dan KPRI Tut Wuri Handayani. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui persamaan dan perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan kredit anggota pada KUD Dewi Sri dan KPRI Tut Wuri Handayani. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk KUD Dewi Sri adalah: pendapatan, pendidikan, jumlah anggota keluarga, jarak, sedangkan SHU pada KUD Dewi Sri tidak dibagikan kepada anggota pada setiap akhir periode. Pembagian dilakukan tidak berdasarkan partisipasi aktif anggota pada koperasi melainkan dibagi rata pada setiap anggota. Sehingga setiap individu bernilai sama dan hal ini tidak perlu untuk dilakukan analisis regresi. (2) Untuk KPRI Tut Wuri Handayani adalah: pendapatan, pendidikan, jumlah anggota keluarga, jarak dan SHU anggota. Dalam penelitian ini digunakan analisis regresi linier berganda dengan asumsi klasiknya. Dari hasil estimasi menurut uji F, pada KUD Dewi Sri semua variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Pada KPRI Tut Wuri Handayani semua variabel independen berpengaruh secara simultan juga terhadap variabel dependen. Pada uji t, memberikan hasil yang berbeda antara KUD Dewi Sri dan KPRI Tut Wuri Handayani. Pada KUD Dewi Sri pendapatan, pendidikan dan jumlah anggota keluarga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan kredit anggota, sedangan pada KPRI Tut Wuri Handayani jumlah anggota keluarga dan SHU yang mempengaruhi jumlah kredit yang diambil oleh anggota. Dari penelitian ini diperoleh penemuan yang tidak lazim, yaitu SHU pada KUD Dewi Sri tidak dibagikan kepada anggota pada setiap akhir periode dengan alasan jumlah SHU yang dibagikan kepada anggota relatif kecil, SHU tersebut ditambahkan sebagai modal sendiri bagi KUD Dewi Sri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/199/050701275
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103034
[thumbnail of 050701275.pdf]
Preview
Text
050701275.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item