Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Melakukan Kredit Pada PT. BPR. Kadiri Kartapersada Kediri.

IndraPudjiAstutik (2007) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Melakukan Kredit Pada PT. BPR. Kadiri Kartapersada Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi terhadap keputusan nasabah dalam melakukan kredit pada PT. BPR. Kadiri Kartapersada Kediri, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatoris dan penelitian ini mengambil sampel sebanyak 89 nasabah BPR Kadiri Kartapersada melaui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Variabel dependen (terikat) yaitu keputusan nasabah dan variabel bebas yaitu bauran promosi yang terdiri dari variabel periklanan /advertising (X 1 ), promosi penjualan/ sales promotion (X 2 ), dan penjualan pribadi/ personal selling (X 3 ). Hasil analisis yang diperoleh adalah bahwa ketiga variabel bebas tersebut diatas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat, periklanan/ advertising dengan β 1 = 0,108, promosi penjualan/ sales promotion dengan β 2 = 0,191 dan penjualan pribadi/ personal selling dengan β 3 = 0,159. Secara simultan semua variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05), dengan koefisien determinasi (adjusted R 2 ) 0,218 atau 21,8%. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah adalah variabel personal selling dengan koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,297. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adlah ketiga variabel independen (bauran promosi), yaitu periklanan, promosi penjualan dan penjualan pribadi semuanya berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan nasabah (Y) secara positif dan signifikan. Variabel personal selling (X 3 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah. Dengan diketahui bahwa ketiga variabel bebas (bauran promosi): eriklanan/ advertising, promosi penjualan/ sales promotion , dan penjualan pribadi/ personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah, diharapkan BPR dapat terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya, dan terus meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/190/050701266
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103025
[thumbnail of 050701266.pdf]
Preview
Text
050701266.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item