Rekonstruksi Teknologi Balanced Scorecard dengan menggunakan perspektif Khalifatullah fil Ardh: suatu studi literatur tentang bagaimana visi Organisasi Syariah dapat menjadi suatu aksi

RosyihanAnwar (2007) Rekonstruksi Teknologi Balanced Scorecard dengan menggunakan perspektif Khalifatullah fil Ardh: suatu studi literatur tentang bagaimana visi Organisasi Syariah dapat menjadi suatu aksi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan terakhir isu-isu mengenai organisasi bisnis syariah, ternyata tidak diikuti dengan peningkatan kegiatan penelitian oleh para akademisi untuk mengembangkan suatu konsep organisasi bisnis syariah yang lebih akomodatif. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan Balanced Scorecard Syariah (SBSc) melalui metodologi strukturalisme-transedental dan suatu proses sintetik, yakni rekonstruksi. Oleh karena itu, diharapkan bahwa suatu desain Balanced Scorecard (BSc) yang humanis, emansipatoris, transedental dan telelologikal, dapat terbentuk. Penelitian ini menggunakan perspektif khalifatullah fil ardh’ untuk menemukan suatu konsep atau paradigma dasar yang sesuai dengan organisasi bisnis syariah. Perspektif tersebut kemudian diturunkan ke dalam dua tingkatan derivasi, yaitu metafora amanah dan metafora zakat. Turunan pertama adalah metafora amanah yang digunakan untuk merekonstruksi konsep pertanggungjawaban organisasi, dan turunan kedua adalah metafora zakat yang digunakan untuk merekonstruksi konsep BSc. Penelitian ini berakhir pada tiga kesimpulan. Pertama, zakat adalah perspektif utama yang menjadi dasar dan sekaligus tujuan bagi perspektif SBSc lainnya. Kedua, organisasi bisnis syariah tidak semata-mata bertanggungjawab untuk memaksimalkan profitabilitas mereka demi kepentingan pemegang saham/pemilik modal saja, namun juga berkewajiban untuk menebarkan kesejahteraan kepada seluruh alam, untuk kepentingan manusia dan lingkungan, secara adil sebagai wujud pertanggungjawaban kepada Allah. Ketiga, nilai ke Islaman (tauhid) harus dapat diinternalisasikan ke dalam visi, tujuan, dan setiap aktivitas perusahaan dengan baik, sehingga ia dapat diukur dan dievaluasi dengan tepat dalam SBSc sebagai aspek penting dalam kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050703173
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103005
[thumbnail of 050703173.pdf]
Preview
Text
050703173.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item