Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam memilih Hotel Margosuko Malang sebagai tempat menginap

YustinusHadiSetiyono (2007) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam memilih Hotel Margosuko Malang sebagai tempat menginap. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perhotelan merupakan salah satu perusahaan jasa yang ikut memberikan dukungan dalam perkembangan sektor jasa khususnya sektor pariwisata di Indonesia. Berkembangnya dunia pariwisata di Indonesia memberikan peluang bagi usaha di bidang perhotelan untuk menghasilkan jasa guna mendukung pariwisata di Indonesia. Namun peluang tersebut juga akan merangsang dan menarik industri perhotelan lain untuk memenuhi pasar tersebut dan akan menjadi pesaing baru, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan persaingan yang ketat. Dengan memahami perilaku konsumen dan mengenal pelanggan akan memberikan petunjuk bagi perusahaan untuk melakukan pengembangan produk. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah “explanatory research” yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Penelitian ini terdiri atas lima (5) variabel bebas (X), yaitu variabel motivasi (X1), variabel persepsi (X2), variabel pembelajaran (X3), variabel kepercayaan (X4), variabel sikap (X5) dan satu (1) variabel terikat yaitu keputusan konsumen (Y). Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 11.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukan dengan nilai (R) sebesar 0.768 sehingga memiliki hubungan yang cukup tinggi dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,567 yang artinya bahwa variabel-variabel faktor psikologis (X) memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen (Y) sebesar 56,7%. Hasil dari pengujian hipotesis I dengan menggunakan Uji F menunjukkan variabel motivasi (X1), variabel persepsi (X2), variabel pembelajaran (X3), variabel kepercayaan (X4), variabel sikap (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (Y). Sedangkan untuk pengujian hipotesis II dengan menggunakan Uji t menunjukkan bahwa untuk variabel motivasi (X1), variabel persepsi (X2), variabel pembelajaran (X3), variabel kepercayaan (X4), variabel sikap (X5) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (Y). Sedangkan Hasil dari pengujian hipotesis III menunjukan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen (Y) adalah variabel pembelajaran (X3) dengan nilai koefisien standardized (Beta) tertinggi sebesar 0.449.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702976
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102983
[thumbnail of 050702976.pdf]
Preview
Text
050702976.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item