Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Kartu FLEXIClassy pada PT Telkom tbk Batu : studi pengguna Flexi Classy di PT. Telekomunikasi Tbk. Kancatel Batu

AnjoePegachiAriswan (2007) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Kartu FLEXIClassy pada PT Telkom tbk Batu : studi pengguna Flexi Classy di PT. Telekomunikasi Tbk. Kancatel Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, atau yang biasa dikenal dengan sebutan TELKOM merupakan perusahaan informasi dan komunikasi (InfoCom) serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. PT Telkom Tbk Batu bergerak dalam bidang telekomunikasi perlu memperhatikan atribut produk yang ada, karena dalam kurun waktu sekarang telekomunikasi sudah dianggap sebagai kebutuhan setiap orang, apalagi perusahaan ini bergerak khusus di bidang telepon selular dengan menggunakan teknologi CDMA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh atribut produk (atribut mutu, atribut merek, atribut harga, atribut pelayanan) terhadap keputusan pembelian kartu FLEXIClassy pada PT. Telkom Tbk Batu. Data yang dianalisa berasal dari 98 responden pengguna FLEXIClassy yang terdaftar pada PT Telkom Tbk Batu. Alat analisis data dengan regresi linear berganda. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan atribut produk signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 57,820 > 2,470. Secara parsial diketahui bahwa setiap atribut produk memiliki thitung > ttabel yaitu atribut mutu secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sebesar 5,764 > 1,986. Atribut merek secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sebesar 2,329 > 1,986. Atribut harga secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sebesar 3,380 > 1,986. Atribut pelayanan secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sebesar 2,508 > 1,986. Nilai ajusted R square sebesar 0,701. Atribut mutu, atribut merek, atribut harga, dan atribut pelayanan mempunyai hubungan positif atau searah dengan keputusan pembelian. Atribut mutu dominan mempengaruhi keputusan pembelian dengan tingkat kontribusi sebesar 58,06%. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya atribut produk suatu produk dapat mempengaruhi keputusan pembelian, maka dari itu diharapkan perusahaan dapat terus memperbaiki dan mengembangkan atribut produk yang ada seiring dengan bertambahnya tingkat kebutuhan konsumen akan teknologi komunikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702973
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102980
[thumbnail of 050702973.pdf]
Preview
Text
050702973.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item