Usaha Perusahaan Perkebunan dalam menjaga kontinuitas tersedianya tenaga kerja operasional : studi pada Perkebunan PT. Glen More, Banyuwangi

YuadistiraMahantara (2007) Usaha Perusahaan Perkebunan dalam menjaga kontinuitas tersedianya tenaga kerja operasional : studi pada Perkebunan PT. Glen More, Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dang menjelaskan bagaimana upaya Perusahaan Perkebunan PT. Glen More menjaga kontinuitas tersedianya tenaga kerja operasional sehingga proses produksi tetap terjaga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan informan kunci yaitu para direksi, staf direksi dan tenaga kerja pelaksana, didapatkan penjelasan bahwa kunci menjaga kontinuitas tersedianya tenaga kerja operasional adalah dengan menciptakan loyalitas dan memahami budaya karyawan maupun masyarakat desa sekitar perkebunan, sehingga dapat membantu dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia. Loyalitas pada perusahaan tercipta karena perusahaan sangat memperhatikan budaya karyawan dan masyarakat perkebunan, pembinaan hubungan manusia, memberikan fasilitas - fasilitas yang dibutuhkan dan mengkondisikan karyawan maupun masyarakat desa untuk melakukan pembelajaran sosial (ngernet) dalam perusahaan yang mana hal ini merupakan cirikhas dalam perkebunan. Dengan demikian perusahaan tidak mengalami kesulitan didalam mencari tenaga kerja yang dibutuhkan, dimana pengadaannya hanya melalui referensi dari karyawan perusahaan (gethuk tular), sehingga baik kontinuitas tersedianya tenaga kerja opersional maupun proses produksi dapat terjaga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702969
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102977
[thumbnail of 050702969.pdf]
Preview
Text
050702969.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item