Pengaruh kredibilitas Tukul Arwana sebagai Endorser Iklan terhadap minat konsumen untuk membeli minuman energi merek ”Panther” : studi pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

AsyrofiAinulHuda (2007) Pengaruh kredibilitas Tukul Arwana sebagai Endorser Iklan terhadap minat konsumen untuk membeli minuman energi merek ”Panther” : studi pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Prospek bisnis minuman energi telah membuat produsen minuman energibanyak bermunculan dengan berbagai merek. Hal tersebut disebabkan permintaan dan pangsa pasar yang ada dirasa sangat besar, terutama di Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. Kondisi tersebut mengundang persaingan yang ketat antar produsen yang memaksa produsen untuk melakukan strategi pemasaran yang baik untuk mengalahkan pesaing yang lain, diantaranya adalah dengan iklan. Produsen selalu berusaha untuk membuat iklan yang menarik danpersuasif, bahkan dengan jalan menggunakan kalangan artis untuk menjadi endorser iklan yang diharapkan dengan kredibilitas mereka, mereka mampu memberikan efek persuasif dari iklan yang ada. Hal tersebut banyak dilakukan oleh para produsen, termasuk produsen minuman energi Panther yang menggunakan Tukul Arwana sebagai endorser-nya. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti berusaha untuk mengetahui kredibilitas Tukul Arwana sebagaiendorser minuman energi Panther terhadap minat membeli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada responden. Dalam penelitian ini, peneliti meggunakan purposive sampling dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya yang pernah melihat iklan minuman energi merek Panther sebagai sampel. Dari penelitian yang dilakukan, beberapa variabel independen yang terdiri dari expertise, trustworthiness, dan attractiveness secara simultan memang mempengaruhi minat membeli. Namun secara parsial, halnya variavel expertise saja yang memberikan dampak terhadap minat membeli minuman energi merek Panther. Analisa lebih lanjut yang dilakukan terhadap hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara responden laki-laki dengan responden perempuan dalam menyikapi sebuah iklan. Responden lak-laki cenderung menggunakan jalur sentral yang mengacu atribut produk yang muncul pada iklan. Sedangkan responden perempuan cenderung menggunakan jalur periferal yang mengacu pada sisi lain dari iklan yang ditayangkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa responden laki-laki lebih rasional dalam memilih produk daripada responden perempuan. Kesimpulan yang muncul dari penelitian ini menujukkan bahwa Tukul Arwana masih mempunyai kredibilitas yang rendah sebagai endorser minuman energi merek Panther. Hal tersebut diindikasikan dari minat beli yang terbentuk dari iklan minuman energi Panther masih sangat rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702897
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102972
[thumbnail of 050702897.pdf]
Preview
Text
050702897.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item