Pengaruh Simpanan Masyarakat, jumlah pinjaman yang diberikan, dan Investasi pada Aktiva Tetap terhadap Likuiditas Bank Umum yang Go Public di BEJ Tahun 2003-2005

DwiAndikaRamadianti (2007) Pengaruh Simpanan Masyarakat, jumlah pinjaman yang diberikan, dan Investasi pada Aktiva Tetap terhadap Likuiditas Bank Umum yang Go Public di BEJ Tahun 2003-2005. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel simpanan masyarakat, jumlah pinjaman yang diberikan, dan investasi pada aktiva tetap pada likuiditas bank umum baik secara parsial maupun simultan dan mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap likuiditas bank umum.Penelitian ini menggunakan sampel Bank Umum yang go public di Bursa Efek Jakarta (BEJ) pada periode penelitian 2003-2005. Jenis penelitian explanatory research, yaitu menjelaskan ada tidaknya hubungan antara variabelvariabel yang diteliti melalui suatu pengujian hipotesis yang dilakukan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan. Teknikpengambilan sampel dengan menggunakan metode sensus. Jumlah populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 bank. Alatanalisis data yang digunakan regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) yang sudah bebas dari gejala asumsi klasik.Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel-variabel bebas yang diteliti mempengaruhi likuiditas bank umum dan secara parsial variabelsimpanan masyarakat, pinjaman yang diberikan dan investasi pada aktiva tetap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap likuiditas bank umum denganmenggunakan pendekatan Loan to Deposit Ratio (LDR). Variabel pinjaman yang diberikan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang paling dominandengan arah yang positif terhadap Loan to Deposit Ratio (LDR) bank. Bank umum yang memberikan jumlah kredit yang tinggi cenderung akan mengalamikesulitan likuiditas. Karena dengan adanya peningkatan pemberian kredit akan meningkatkan risiko kredit bermasalah sehingga mengakibatkan aliran masukyang berupa cicilan pokok beserta pendapatan bunga akan tergganggu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702896
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102971
[thumbnail of 050702896.pdf]
Preview
Text
050702896.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item