Penerapan Good Corporate Governance sebagai alat untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard : studi kasus pada PT TELKOM (Persero) Tbk. Kandatel Malang

Riscamelia (2007) Penerapan Good Corporate Governance sebagai alat untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard : studi kasus pada PT TELKOM (Persero) Tbk. Kandatel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Corporate Governance merupakan upaya memotivasi manajemen untuk meningkatkan keberhasilan (effectiveness) dan sekaligus juga mengendalikan perilaku manajemen agar tetap mengindahkan kepentingan stakeholders, dalam kerangka yang sudah disepakati bersama. Pada dasarnya Corporate Governance mengarahkan perhatian pada peningkatan kinerja korporasi (corporate performance) melalui supervisi atau monitoring dari kinerja manajemen dan sekaligus memastikan akuntabilitas manajemen kepada pemegang saham dan stakeholders lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan bahwa good corporate governance dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Analisa pengukuran kinerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan balanced scorecard. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) studi lapangan, yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan (2) studi pustaka. Analisa data dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan target dan realisasi selama tiga tahun yaitu: 2004, 2005, 2006 untuk mengetahui sejauh mana kinerja yang telah dicapai. Analisa tersebut menggunakan pendekatan balanced scorecard dengan keempat perspektifnya, yaitu: Perspektif keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan good corporate governance dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Sedangkan analisa yang digunakan untuk mengukur kinerja dengan pendekatan balanced scorecard yang berusaha menyeimbangkan antara sasaran dari segi keuangan dan nonkeuangan. Dengan memahami berbagai keunggulan balanced scorecard tersebut, maka pihak pengambil keputusan dalam perusahaan dapat memanfaatkan kerangka balanced scorecard sebagai petunjuk kepada organisasi dan juga menyediakan umpan balik mengenai efektivitas strategi yang telah ditetapkan organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050702870
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102969
[thumbnail of 050702870.pdf]
Preview
Text
050702870.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item